Wagubsu Musa Rajekshah menjadi narasumber pada Aceh Young Entrepreneur Summit & Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Perguruan Tinggi ( HIPMI PT) di Aula Cakra Donya, Kota Langsa, Aceh, Sabtu, (2/2/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Tarmizy Harva)

LANGSA – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menjadi pemateri di Aceh Young Entrepreneur Summit 2019, Sabtu malam (2/2) di aula Cakra Donya Kota Langsa, Aceh. Selain memberi motivasi agar menjadi pengusaha sukses, Wagubsu juga mengajak para pemuda Aceh turut bersama-sama mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024

“Mudah-mudahan ke depan kita bisa bersama-sama. Apalagi ke depan tahun 2024 Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama PON XXI,” ujar Wagubsu.

Wagubsu mengatakan, PON XXI/2024 ini merupakan yang pertama di Indonesia, yang dilaksanakan oleh dua provinsi sebagai tuan rumah. Karena itu, kerja sama dan peran para pemuda Aceh menjadi sangat penting untuk mensukseskannya.

“ Karena tuan rumah bersama ini baru pertama di Indonesia. Pelaksanaan even olah raga nasional, dua provinsi menjadi satu. Artinya kita dekat, bisa kompak dan kita bisa jalan bersama,” ujar Musa Rajekshah.

Selain itu, Musa Rajekshah ketika menyampaikan materi berjudul “Entrepreneur Yes, Politik Yes” mengatakan, bahwa sebagai seorang pemuda harus mempunyai mimpi yang besar. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Diceritakannya, ketika dirinya masih bersekolah sekitar kelas 6 SD dan menuju kelas 1 SMP, orang tuanya mengatakan bahwa dirinya harus punya mimpi yang besar dan cita-cita yang besar. “Pesan orang tua saya tersebut merupakan motivasi dan pemberi semangat bagi saya,” sebut Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

BACA JUGA  Masyarakat Agamis Harus Ditunjang dengan Ruang Ibadah yang Layak

Disampaikan juga, agar anak muda khususnya anak muda Aceh tidak pantang menyerah dan putus asa. Apalagi, sejak dahulu masyarakat Aceh itu terkenal sebagai pejuang. “Anak-anak muda Aceh sekarang jangan gampang menyerah, putus asa. Harus berjuang, karena hidup ini penuh tantangan, penuh perjuangan,” sebut Ijeck.

Situasi saat ini, katanya, sangat penting untuk serius memikirkan masa depan. Juga harus siap bagaimana potensi daerah bisa dikelola dengan baik. “Karena sekarang, orang dari luar sudah boleh berusaha dan berinvestasi di daerah kita. Kalau kita tidak cepat, terlena, waktu berjalan, nanti setelah terlambat menyesal kita, sebab tak mungkin lagi kembali waktu itu. Jangan sampai nanti kita menjadi pembantu di rumah sendiri. Jangan sampai orang lain yang jadi bossnya,” kata Wagubsu Musa Rajekshah.

Walikota Langsa Usman Abdullah pada kesempatan itu mengatakan anak-anak muda khususnya dari Kota Langsa harus menjadi orang sukses. Karena dahulunya rakyat Aceh terkenal dengan pengusaha-pengusaha sukses, seperti Surya Paloh. “Kalau mau kaya jadilah pengusaha,” ujarnya.

Walikota juga berharap agar para anak muda yang ada di Kota Langsa serius dalam menjalankan usahanya agar nantinya menjadi pengusaha yang sukses. “Karena sukses itu butuh usaha, kerja keras. Orang sukses itu awalnya susah. Tapi berkat kerja kerasnya dia memperoleh kesuksesan itu,” ujar Usman.

Usman juga mengharapkan para anak-anak muda menjadikan sosok Wagubsu Musa Rajekshah sebagai motivasi untuk menjadi sukses. “Bang Ijeck ini sukses di dunia usaha dan di dunia politik, beliau berhasil menjadi Wakil Gubernur Sumatera Utara. Terima kasih Bang Ijeck. Mudah-mudahan anak-anak muda khususnya di Langsa dapat menjadikan Bang Ijeck sebagai patron menuju kesuksesan,” sebut Usman.

BACA JUGA  Kajian bersama Ustaz Subhan Bawazier, Wagub Berharap jadi Pengingat dan Penguat Iman

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Kota Langsa Nurul Fazri mengatakan diselenggarakannya Aceh Young Entrepreneur Summit 2019 diharapkan dapat memunculkan ide-ide berwirausaha, khususnya dari anak-anak muda Langsa. “Sehingga ke depan akan tercipta pengusaha-pengusaha muda yang handal dan sukses dari Kota Langsa ini,” ujarnya.

Kenapa Wagubsu Musa Rajekshah yang diundang sebagai salah satu pemateri, menurut Nurul, karena Bang Ijeck adalah seorang anak muda yang sukes di dua dunia. “Dunia usaha sukses sebagai pengusaha nasional yang memiliki banyak bidang usaha. Dan di dunia politik, sukses menjadi orang nomor 2 di Provinsi Sumatera Utara yaitu menjadi Wakil Gubernur Sumatera Utara,” ujarnya.

Sebelumnya, kedatangan Wagubsu Musa Rajekshah bersama anggota DPR RI asal Aceh Muslim, Dinas Sosial Provsu Rajali, Kepala Balitbang Provsu Effendy Pohan dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu Faisal Hasrimy, disambut tarian Pemulia Jame yang merupakan adat budaya Kota Langsa dalam menyambut tamu.

Acara yang digelar HIPMI PT Kota Langsa tersebut juga dirangkai dengan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Dihadiri sedikitnya 350 orang peserta dari Kota Langsa dan sekitarnya.**