Juara 1 Cabang Syarhil Quran Golongan Putra asal Kafilah Sumut Foto Bersama Penonton yang hadir di Venue MTQN 2018 Gelanggang Mahasiswa UINSU Sutomo Medan, Kamis 11 Oktober 2018

Medan – Menjadi pemenang juara pertama cabang Syarhil Quran pada MTQ Nasional XXVII tahun 2018, kafilah dari Provinsi Sumatera Utara (Provsu) M Agung sebagai Pensyarah, Rhaka sebagai Qari dan Zahro untuk saritilawa, mendadak jadi rebutan penonton untuk diajak foto bareng.

Selesai tampil pada babak final cabang Syarhil Quran di UINSU Sutomo, Kamis (11/10/2018) bersaing dengan finalis lainnya dari Provinsi Riau dan Provinsi Banten. Ketiga pelajar tingkat SMA ini langsung mendapatkan tepuk tangan dan sambutan meriah dari penonton yang meramaikan Gelanggang Mahasiswa Pascasarjana UINSU Sumut. Tidak hanya itu, mereka langsung diburu mendapatkan ucapan selamat dan minta diajak foto bareng dari teman-teman sekolah, keluarga dan penonton dan masyarakat umum.

M Agung menyatakan, rasa bahagia dan puas karena telah selesai memberikan penampilan terbaik pada babak final meski saingan dari peserta lainnya sangat ketat. “Alhamdulillah sudah selesai tampil dan InshaAllah bisa menjadi yang terbaik,” katanya.

Ditanya perasaan mereka mendadak menjadi idola, M Agung dan Zuhro, merasa bangga dan terharu karena keberadaan mereka pada perlombaan MTQ nasional tahun 2018 mendapat dukungan dan doa dari banyak orang.

Selain itu juga mereka berharap dengan keikutsertaan menjadi peserta MTQ cabang Syarhil Quran dapat memberi insipirasi dan semangat untuk generasi muda Islam agar berani mengikuti perlombaan yang sama dengan tujuan menyiarkan Al Quran.

“Kalau ada kemauan pasti ada jalannya, terpenting latihan, belajar dan tujuannya untuk menyiarkan Al Quran. Menang atau kalah urusan terakhir yang penting berani dan memberikan penampilan terbaik,” kata mereka.

Diketahui untuk babak final cabang Syarhil Quran MTQ Nasional tahun 2018, diikuti enam kafilah dibagi tiga peserta golongan putera yakni Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Banten. Sementara golongan puteri ada Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Riau.

Perolehan skor finalis cabang Syarhil Quran dapat diketahui sekitar pukul 12.30 wib yang diumumkan di layar monitor. Dimana pemenang cabang Syarhil Quran golongan putera yaitu kafilah Provinsi Sumatera Utara skor 92, kemudian diikuti kafilah Provinsi Riau dengan skor 91,17 dan kafilah Provinsi Banten mendapatkan skor 90,92.

Untuk golongan puteri dimenangkan kafilah Provinsi Aceh dengan skor 93,83, kemudian kafilah Provinsi Jawa Barat dengan skor 93,07 dan kafilah Provinsi Riau perolehan skor 90,89