SILANGIT – Dalam agenda kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Sumatera Utara (Sumut), Bandara Silangit menjadi tujuan kedatangannya kali ini. Akses transportasi udara berkelas internasional itu pun diyakini akan bisa selesai akhir Oktober mendatang.

Pengawalan super ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) seakan tidak menjadi kendala bagi Jokowi untuk bisa menyempatkan diri menyapa masyarakat di sekitar Silangit. Sejak pagi, ribuan orang yang mengetahui rencana kedatangan RI 1 di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, berduyun bergerak ke arah lokasi dimaksud berharap bertemu sang Presiden.

Kehadirannya sekitar pukul 16.00 Wib di Bandara Silangit pun sudah dinanti warga yang ‘berhasil’ masuk ke dalam kawasan bandara. Meskipun begitu, tak ada yang bisa mendekati barisan parkir kendaraan kecuali petugas keamanan dan petugas bandara. Dengan demikian, masyarakat hanya bisa menyaksikan kedatangan Presiden dari jarak 20 meter saja.

Namun pasukan pengamanan akhirnya harus menerima bahwa Presiden kemudian menyapa warga yang memanggilnya dari kejauhan sebelum memasuki mobil untuk berangkat lagi menuju kawasan Desa Hutaginjang bersama rombongan.

Masyarakat pun mengambil kesempatan tersebut untuk bisa menyapa Presiden yang menyempatkan diri berjalan menuju kerumunan warga. Lambaian tangan dan ucapan ‘Horas’ menjadi pembuka kehadiran Jokowi ke tanah Batak itu.

“Bagaimana, Silangit nya sudah bagus kan?” ujar Jokowi kepada awak media yang menanyakan kedatangannya untuk mengecek kesiapan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional akhir Oktober mendatang.

BACA JUGA  Edy Rahmayadi turun ke sawah "Kita tunjukkan kepada Pak Jokowi"

Presiden juga ditanyai mengenai optimismenya terhadap kesiapan peningkatan kelas, bandara di kawasan Danau Toba tersebut. Sebab dengan adanya akses transportasi udara yang langsung membuka penerbangan internasional, maka pengembangan kawasan pariwisata nasional di Sumut ini, bisa jauh lebih maju.

“Ini memang belum siap, terus dikerjakan. Ya mudah-mudahan akhir Oktober ini selesai (diresmikan),” sebutnya singkat.

Usai menyapa dan menyalami masyarakat di halaman parkir Bandara Silangit, Presiden pun bergerak menuju kawasan Desa Hutaginjang untuk menikmati panorama keindahan Danau Toba dari atas bukit , didampingi Gubernur Sumut HT Erry Nuradi.

Atas kunjungan ini, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi pun mengapresiasi dan berterimakasih atas perhatian yang begitu besar dari Presiden terhadap pembangunan di Sumatera Utara. Dengan demikian optimisme menjadikan Sumut jauh lebih baik dari sebelumnya, baik dari sektor industri, pariwisata dan lainnya, bukan sekedar harapan semata, tetapi sudah mulai terlihat.