Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah melaksanakan Salat Subuh Berjamaah dan Kajian Subuh Bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Al Musannif Komplek Cemara Asri Medan, Rabu (3/4/2019). Wagub mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk makmurkan masjid, khususnya dengan cara menggelorakan aktivitas shalat berjamaah. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengajak masyarakat Sumut makmurkan masjid, khususnya dengan cara menggelorakan aktivitas shalat berjamaah.

Ajakan ini disampaikannya usai melaksanakan Shalat Subuh Berjamaah dan Kajian Subuh Bersama Ustaz Abdul Somad (UAS), di Masjid Al Musannif Komplek Cemara Asri Medan, Rabu (3/4).

“Kita awali terlebih dahulu dengan mulai aktif shalat berjamaah di masjid lingkungan rumah atau kantor misalnya. Bahkan lebih baik lagi kalau kita bisa aktif makmurkan masjid lewat aktivitas tambahan yang positif seperti ikut pengajian, hingga hal-hal besar yang bisa memberikan manfaat bagi perekonomian umat,” ujar Wagub Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Kedekatan dengan masjid, khususnya bagi umat Islam, menurut Ijeck merupakan salah satu cara penting untuk menjaga dan memelihara keimanan. “Mudah-mudahan dengan kualitas iman yang baik dan senantiasa terjaga, kemudian nilai-nilai agama diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, harmonis hidup kita ini,” tuturnya.

Salah satu wujud implementasi keimanan dalam kehidupan sehari-hari, kata Ijeck, bisa tercemin melalui kepedulian terhadap sesama. “InsyaAllah kalau kita semua masyarakat Sumut saling peduli satu sama lain, saling tolong menolong, niat kita wujudkan Sumut Bermartabat pasti bisa tercapai,” ucapnya.

Kajian Subuh bersama UAS diawali dengan shalat subuh berjamaah. Masjid Al Musannif tampak ramai dipadati ribuan jamaah hingga ke halaman luar. Shalat subuh berlangsung khidmat dipimpin oleh qari muda terkenal Muzammil Hasballah. Selanjutnya, dilaksanakan kajian subuh yang disampaikan oleh UAS.

BACA JUGA  Wagub Berharap Mahasiswa Teknik USU Terus Tingkatkan Inovasi

Dalam kajiannya, UAS membahas tentang Surah An Nasr yang berarti surah pertolongan. “Kemenangan hanya bisa kita peroleh melalui pertolongan Allah, dan pertolongan Allah ini bisa kita raih melalui doa dan usaha,” ungkapnya.

UAS juga menyampaikan ajakan kepada seluruh umat, khususnya masyarakat Sumut, untuk istiqamah dalam melaksanakan salat berjamaah. Apalagi salat subuh berjamaah. “Memang subuh terasa paling berat untuk dilaksanakan tetapi mudah-mudahan banyak kebaikan yang terkandung didalamnya,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Muzammil Hasballah. Sebagai qari muda dan influencer media sosial di kalangan anak muda, Muzammil mengajak generasi milenial untuk aktif melaksanakan shalat berjamaah di masjid. “Mudah-mudahan dengan aktif melaksanakan shalat berjamaah, kemenangan dan pertolongan Allah itu dekat dengan kita,” ucapnya.

Shalat Subuh Berjamaah dan Kajian Subuh Bersama UAS diikuti oleh OPD dan ASN Pemprov serta ratusan masyarakat. Usai shalat subuh, Wagub kemudian menjamu UAS dan Muzammil Hasballah makan pagi di kediamannya.**