MEDAN – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut, mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) di bawah kepemimpinan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi. Hal ini bisa dilihat dari indikator meningkatnya realisasi investasi yang sudah melebihi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Kami mengapresiasi kinerja Pemprovsu, hal ini bisa dilihat dari realisasi investasi yang sudah melebihi target yakni Rp12,3 triliun. Sementara pada triwulan ketiga 2017 realisasi investasi sudah mencapai Rp12,7 triliun. Ini tentu harus diapresiasi dan kita bersyukur Sumut bisa leading dalam hal ini,” ujar Ketua Umum Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara, saat bertemu dengan Gubsu di kantor Gubsu, Rabu (1/11).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Kadin Sumut, Tohar Suhartono, Murlan Tamba, Syafruddin Siregar serta pengurus lainnya. Gubsu didampingi Kepala Bappeda Sumut, Irman, Kadis Koperasi Sumut, M Zein Siregar dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumut, Bondaharo Siregar.

Lebih lanjut dikatakan Ivan, Gubsu juga dinilai selama ini telah mampu mewujudkan sinergitas diantara pemerintah dengan Kadin Sumut. Oleh karena itulah, pihaknya dengan niat yang ikhlas akan bersedia membantu pemerintah provinsi untuk meningkatkan kepercayaan investor berinvestasi di Sumut.

“Saat ini kita tinggal merawat apa yang sudah dibuat, makanya kami siap bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk mengatasi masalah industry perdagangan yang terjadi, sebab cukup banyak hal yang harus diselesaikan Gubsu. Biarlah nantinya kami yang akan memberikan masukan -masukan terkait masalah industry perdagangan kepada Pemprovsu,” kata Ivan.

Dalam kesempatan itu, Ivan mengatakan kalau kedatangan pihaknya bertemu dengan Gubsu dalam rangka melaporkan bahwa kepengurusan Kadin Sumut sudah berakhir pada tanggal 17 Oktober 2017 yang lalu. Oleh karena itu, harus segera digelar Musyawarah Provinsi.

“Rencananya kami akan melaksanakan Musyawarah Provinsi ke-6 pada tanggal 5-7 Desember di Hotel Aryaduta Medan. Peserta yang akan hadir kami perkirakan sebanyak 200 orang merupakan pengurus Kadin dari kabupaten/kota, pengurus Kadin Pusat juga asosiasi lainnya. Untuk itu Medan akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan ini,” terang Ivan.

Dalam musyawarah Provinsi inilah lanjut Ivan, diharapkan pihaknya Gubsu bisa hadir untuk membuka kegiatan dan melakukan jamuan makan malam serta berdialog dengan pengusaha-pengusaha nasional serta pengusaha dari kabupaten/kota di Sumut. Sehingga dengan dialog yang terlaksana nantinya diharapkan perekonomian Sumut dapat lebih baik.
Gubsu,

Tengku Erry Nuradi mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini antara Pemprovsu dengan Kadin Sumut. Diharapkan Erry, Kadin dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat Sumut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan investasi di Sumut. Meski saat ini kata Erry, perekonomian Sumut sudah membaik. Baik dari realisasi investasi yang sudah melebihi target maupun inflasi yang mampu ditekan di bawah rata-rata nasional.

“Kita berharap pertumbuhan ekonomi Sumut bisa lebih baik lagi, apalagi Kadin Sumut di bawah kepemimpinan Ivan Iskandar yang memiliki networking baik nasional dan internasional, kita yakin Kadin bisa berjaya dan bisa menjadi Kadin terbaik di Indonesia,” ujar Ivan.

Erry juga mengharapkan, Kadin dapat membantu dalam memberikan promosi potensi-potensi usaha dan sumber daya alam kepada investor nasional dan internasional. “Tentunya dengan potensi Sumut dan Danau Toba bisa kita kembangkan serta potensi lain sumber daya alam kita, tentu ini menjadi peluang besar bagi kita untuk bekerjasama dengan para investor baik dari nasional maupun mancanegara. Mudah-mudahan kita bisa terus berkoordinasi dengan Kadin untuk Sumut yang lebih baik,” papar Erry.