BINJAI – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Iit Kartika Eko Subowo mengharapkan pemerintahan desa/kelurahan di Provinsi Sumatera Utara terus mendorong masyarakatnya aktif melakukan kegiatan sosial dalam rangka pembangunan daerah. Partisipasi masyarakat adalah elemen penting dalam pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Provsu Iit Kartika saat melakukan penilaian dalam rangka Desa/Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kelurahan Sumber Mulyorejo Kota Binjai, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (12/7). “Saya sangat senang dan bersemangat bertatap muka dengan masyarakat, sebab masyarakat adalah kunci pembangunan, untuk itu kami melakukan penilaian langsung kepada masyarakat,” ujar Iit.

Ketua TP PKK juga mengharapkan kelurahan dapat terus berupaya meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. “Selain itu, gali potensi yang ada di masyarakat, guna mendorong percepatan pembangunan desa dan daerah yang lebih baik, melalui program-program yang sudah dibuat,” katanya.

Iit meminta desa atau kelurahan agar terus mengembangkan inovasi, lantaran zaman terus berubah. “Pemerintah desa harus meningkatkan prakarsa, dan partisipasi masyarakat desa serta budaya gotong royong yang sudah menjadi kebiasan masyarakat sejak dulu,” katanya.

Selanjutnya, tim penilaian akan mengunjungi Kabupaten Serdang bedagai, Asahan, dan Kota tanjung balai. “Saat ini penilaian sedang dilakukan oleh tim penilai lain, semoga dengan kunjungan ini, nantinya akan ditemui daerah kelurahan terbaik provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

Untuk pemenang kelurahan terbaik yang akan terpilih nanti, Iit berharap agar prestasi yang diterima dapat dipertahankan dan dilanjutkan oleh pejabat yang akan datang. “Hal ini pun harus menjadi motivasi kepada kelurahan lain, tidak hanya tingkat provinsi, melainkan tingkat nasional,” katanya.

Tak hanya melakukan penilaian, Ketua TP PKK juga melakukan peninjauan ke Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kota Binjai. Hal tersebut dilakukan dalam rangka melihat pembinaan keluarga sejahtera bagi calon pengantin Kota Binjai.

“Program Kota Binjai ini mesti dicontoh daerah lain, program ini berfungsi untuk menekan angka perceraian, karena sebelum menikah, pasangan diberi persiapan dalam mengahdapi kehidupan berumah tangga” ujarnya.

Tidak hanya itu, Ketua TP PKK juga mengunjungi pengrajin UP2K Kota binjai serta peninjauan Bank Sampah di tempat yang sama. “Bank sampah ini bisa memberikan motivasi kepada ibu-ibu bahwa sampah harus didaur ulang dan menjadi sesuatu yang berdaya guna,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provsu Ir H Aspan Sofian MM, istri Wakil Walikota Binjai Ny Nani Timbas Tarigan, Sekda Binjai M Mahfullah P Daulay SSTP MAP dan istrinya, anggota PKK, serta OPD terkait.**