Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melakukan silaturahmi dengan Camat, Lurah,, Kepala Desa, organisasi masyarakat,dan etnis sekabupaten Langkat di rumah besar Langkat, Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (28/11/2018). Gubsu mengajak segenap masyarakat terutama kepala desa untuk bangkit membangun Langkat.(Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

STABAT – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan Kabupaten Langkat harus bangkit dan kembali berjaya seperti dahulu di era tahun 1960 – 1970-an. Pada masa itu, Langkat berjaya dengan gas dan minyaknya, namun kini tidak lagi berjaya.

Hal tersebut disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi saat bertatap muka dengan para camat, kepala desa, lurah, organisasi masyarakat dan etnis se-Kabupaten Langkat di Rumah Besar Langkat, Stabat, Rabu (28/11). Untuk itu, Gubsu mengajak segenap masyarakat terutama kepala desa untuk bangkit membangun Langkat. ” Langkat ini maunya kemana? Hanya begini begini saja? Lebih baik zaman atok saya dari sekarang,” katanya.

Padahal Langkat memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Ada gas, minyak, pertanian dan perkebunan yang besar di Langkat. “Tapi kenapa kita tak bisa berbuat, kemana kita?” tanya Gubsu.

Edy Rahmayadi menegaskan, kondisi Langkat ke depan harus berubah. Anak cucu Sumatera Utara, khususnya Langkat tidak boleh sulit seperti sekarang. Edy yang memiliki visi Sumatera Utara agraris, mengharapkan Langkat menghidupkan kembali pertaniannya.” Kondisi kita seperti ini harus berubah, kehidupan Langkat tidak lain tidak bukan dengan pertaniannya,” ujarnya.

Terkait dana desa, Edy mengingatkan untuk digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. “Katanya, desa menerima Rp 1 Miliar. Kepala desa jangan main-main,” ujarnya.

Kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Langkat (2019 -2023), Terbit Rencana dan Syah Afandin, Gubsu berpesan agar selalu kompak. Agar selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah. “Syukuri ini, nikmati ini, jangan sampai anda yang menjadi orang pertama yang masuk neraka,” pesannya.

BACA JUGA  Bertemu Mahasiswa di Yogyakarta, Gubsu : Asrama dan Wisma Hanya untuk Mahasiswa Pemula

Di akhir pesan, Edy berkata akan datang kembali ke Langkat untuk melihat perkembangan apa yang sudah terjadi setelah kedatangannya. “Kunjungan selanjutnya saya akan datang langsung ke desa anda,” katanya.

Sementara itu, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu mangharapkan kedatangan Gubernur yang bertatap muka dengan para kepala desa dan masyarakat bisa membuat Langkat menjadi kabupaten yang bermartabat. “Ini kehormatan buat kami semua jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Langkat, terima kasih Pak Gubernur atas kedatangannya,” katanya.

Sultan Langkat Azwar Abdul Jalil mengatakan kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi merupakan suatu bentuk dukungan bagi Kabupaten Langkat untuk kembali meraih kejayaan. “Mudah mudahan masyarakat Langkat sebagai penduduk Sumatera Utara bisa mengembalikan kejayaannya (Langkat),” katanya.

Turut hadir, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, OPD Pemprovsu, OPD Pemkab Langkat, para camat, lurah, kepala desa se Kabupaten Langkat, serta organisasi masyarakat.**