Kunjungan Wisatawan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengikuti rapat terkait Kawasan Danau Toba dan sekitarnya di Kantor BPOPPT, Medan, Jumat (25/1/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Tarmizy Harva)

MEDAN – Kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan berdampak positif terhadap perekonomian Sumut, khususnya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan kesungguhan semua pihak terkait untuk membangun daerah-daerah wisata yang ada di Sumut.

“Sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumut, baik domestik maupun manca negara,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah pada rapat tentang kawasan Danau Toba dan sekitarnya di kantor Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jalan S Parman, Medan, Jumat (25/1).

Wagubsu mengatakan, untuk membangun pariwisata di daerah ini, salah satu yang terpenting dilakukan adalah menyadarkan masyarakat, bahwa kedatangan wisatawan akan menopang pertumbuhan ekonomi Sumut. Sekaligus mensejahterakan masyarakat sekitar daerah wisata, seperti Danau Toba dan destinasi wisata lainnya.

Dikatakan juga, selain pembangunan karakter dan sumber daya manusia (SDM), juga penting adanya inftrastruktur pendukung, seperti akses jalan yang bagus, hotel bertaraf internasional, restoran dan lainnya. “Karena itu, pembangunan infrastruktur pendukung sangat penting. Jika mau ikan besar buat umpan besar,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Promosi pariwisata juga penting untuk mendongkrak kunjungan wisata di daerah ini, khususnya Danau Toba. Untuk itu, perlu digelar even internasional, sehingga para wartawan media cetak dan elektronik dari berbagai negara akan datang, sehingga promowsi kawasan Danau Toba akan mendunia. “Harus ada peningkatan pada masa yang akan datang,” jelasnya.

BACA JUGA  Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung KPK, Wagub Sumut Sebut Korupsi Musuh Bersama

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Sesmenkomaritim) Agus Purwoto mengatakan, peran para pakar dan keterlibatan masyarakat, akan menjadi spirit bagi Kemenko Kemaritiman, khususnya dalam pembangunan pariwisata di lingkungan Danau Toba.

Pertemuan yang akrab tersebut juga dihadiri Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Kemenpar Arie Prasetyo dan Tim Kelompok Ahli yang diketuai oleh RE Nainggolan dan beranggotakan M Rommy Fauzi, Tata Ridwanullah dan Lely Supriyani. Juga Asisten Administrasi Umum dan Asset Setdaprovsu Zonny Waldi dan para OPD Pemprovsu serta para pemerhati pariwisata.* (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)