Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah mengunjungi Kantor Redaksi Tribunnews di Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019). Wagubsu diterima langsung oleh General Manager (GM) Content Tribun Network, Domuara D. Ambarita dan Pemimpin Redaksi Warta Kota, Achmad Subechi beserta tim.

JAKARTA – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengunjungi Kantor Redaksi Tribunnews di Palmerah, Jakarta, Senin (28/1). Wagubsu diterima langsung oleh General Manager (GM) Content Tribun Network Domuara D Ambarita dan Pemimpin Redaksi Warta Kota Achmad Subechi beserta tim.

“Terimakasih atas sambutannya kepada pak Domu yang sudah kita kenal sejak tugas di Medan (mantan Pimpred Tribun Medan) dan semua kawan Tribun,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah membuka pertemuan.

Pada kesempatan tersebut, Wagubsu mengungkapkan sejumlah program kerja prioritas yang akan dilakukan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama dirinya, selama memimpin Provinsi Sumatera Utara. Salah satunya pengembangan pariwisata di Danau Toba dan sekitarnya.

Dikatakan Wagubsu, saat ini pengembangan sektor pariwisata menjadi unggulan dan bisa meningkatkan ekonomi daerah. Termasuk mendatangkan investor. “Saya melihat pariwisata ini peluang besar. Sumatera Utara yang paling terkenal secara internasional adalah Danau Toba, Nias dan Bukit Lawang. Tapi masih banyak tempat-tempat lain,” kata Wagubsu.

Menurutnya, pengembangan pariwisata di Danau Toba tidak hanya urusan 8 kabupaten/kota yang ada di sekitarnya saja. Seluruh pihak mulai dari pemerintah pusat, provinsi, tokoh masyarakat hingga kabupaten/kota harus bersinergi. Selain itu, membangun karakter masyarakat sekitar juga harus dilakukan.

“Kalau kita melihat proyek Danau Toba ini, menurut saya yang harus segera sebesar 60 persen itu mengubah karakter masyarakat, dan 25 persen infrastruktur, serta 15 persennya promosi,” terang Wagubsu.

BACA JUGA  Silaturahmi bersama IKA UISU Jakarta dan sekitarnya, Musa Rajekshah Ajak Alumni Jaga Kekompakan

Oleh sebab itu, tahap pertama program pengembangan dan pembangunan pariwisata Danau Toba yang akan dilaksanakan Pemprov Sumut adalah mengubah karakter masyarakat sekitar. Dunia pendidikan akan menjadi pintu masuk bagi Pemprov Sumut agar bisa membangun karakter masyarakat. Hal tersebut merupakan program jangka pendek pengembangan Danau Toba yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut.

Tidak hanya itu, Wagubsu juga mengatakan e-government juga merupakan bagian dari target kerja Gubsu Edy Rahmayadi bersama dirinya. E–government tersebut meliputi peng-inputan data aset daerah dan pengelolaan keuangan melalui satu akses.

Wagubsu yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke Kantor Redaksi Tribun di Jakarta, juga mengatakan kunjungan pemimpin ke media sangat penting. Menurutnya hubungan antara pemerintah dengan media harus sejalan. Dikatakannya, pemerintah memerlukan peran media massa untuk menyampaikan informasi mengenai kemajuan dan program pemerintah kepada publik.

Turut mendampingi Wagubsu pada pertemuan tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Effendy Pohan dan sejumlah staf Pemprovsu.**