Kunjungi Lansia di Binjai, Gubsu Bakti Kita untuk Mengurus dan Merawat Mereka

BINJAI – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengunjungi para lanjut usai (Lansia) yang berada di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Binjai Pemprovsu, Senin (3/12) di Jalan Perintis Kemerdekaan Binjai. Gubsu berharap agar para Lansia dirawat dan disayangi sebagaimana orang tua sendiri.

“Mereka orang tua kita, wajib dan bakti kita untuk mengurus dan merawat mereka,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi, yang datang bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Gubsu mengatakan, saat ini para Lansia juga membutuhkan kenyamanan beribadah dan hiburan untuk mengisi hari tuanya. “Saat ini mereka lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadah sehari-hari, meski demikian hiburan juga dibutuhkan, maka berikan apa yang mereka minta,” ujar Gubsu, sembari meminta Kadis Sosial Provsu Rajali memberikan satu unit keybood untuk hiburan para Lansia di tempat tersebut.

Sementara itu, kedatangan orang nomor satu di Sumut ini membuat para Lansia terharu. Karena belum pernah pemimpin Sumut sebelumnya datang berkunjung melihat dan bercengkrama dengan mereka. “Assalamualaikum bapak dan ibu, semoga semua dalam keadaan sehat ya,” sapa Gubsu, sembari tak sungkan mencium tangan dan merangkul salah seorang bapak Lansia yang ditemuinya.

Di kesempatan tersebut, Gubsu juga tampak akrab dan bercengkrama dengan para Lansia. Menanyakan kondisi dan berbagai kebutuhan para Lansia.

BACA JUGA  Gali Potensi Desa untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Gubsu juga meminta kepada para lansia untuk bersabar dan terus meningkatkan ibadah, karena manusia memiliki beberapa fase dalam kehidupan. Dimulai dari dalam kandungan, lahir, anak-anak, remaja, dewasa dan tua. Karena itu tujuan fase tersebut akhirnya kembali kepada Sang Pencipta. “Ibu-ibu dan bapak-bapak jangan sedih, masa tua semua akan kita lalui, tapi kehidupan yang sebenarnya adalah di akhirat, maka tingkatkan ibadah untuk meraih akhirat yang lebih baik,”ujarnya

Usai bertemu dengan para Lansia di aula, Gubsu bersama rombongan juga sempat mengujungi sejumlah wisma yang dihuni oleh para lansia yang sudah ujur (susah berjalan). Gubsu menyapa, menyalami hingga memeluk para Lansia yang terbaring di tempat tidur, sembari memberi semangat untuk tetap menjaga kesehatan dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Sementara itu, Kepala UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Binjai Pemprovsu H Umar SSos bahwa keberadaan institusi pemerintah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, khususnya lansia yang kurang beruntung (terlantar dan resiko terlantar).

Keberadaan panti jompo tersebut hadir berdasarkan Kepmensos RI tahun 1979 dan beberapa kali bergani nama, yakni di tahun 1994 menjadi Sasana Tresna Werda (STW) “Abdi” berganti nama menjadi Panti Sosial Tresna Werda (PSTW) “Abdi” Binjai, hingga saat diberlakukannya otonomi daerah seluruh aparatur dan aset Departemen Sosial, dialihkan/dilimpahkan kepada Pemerintah Daerah. Maka berdasarkan Perda No 03 tahun 2001, Panti Sosial Tresna Werda (PSTW) “Abdi” Binjai berganti menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTS) Abdi/Darma Asih Binjai Dinas Kesejahteraan dan Sosial.

BACA JUGA  Tinjau Pusat Pasar Medan, Gubsu Harapkan TPID Terus Awasi Harga

Dikatakan Umar, bahwa jumlah Lansia binaannya sebanyak 160 orang dengan 19 fasilitas wisma. Para Lansia tersebut selalu dipantau kesehatnya oleh dokter, serta ada kegiatan lainnya seperti senam Lansia, ketrampilan mengisi waktu luang (menganyam), bercocok tanam, membuat bunga kristal, dan pengajian seminggu 2 kali.

Usai berkunjung ke panti jompo tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi bersama rombongan melihat dan memanen jagung di sekitar lokasi tersebut.**