Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2018 yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, SH, MH berkunjung ke Makodam I/Bukit barisan dan diterima langsung oleh Pangdam I/Bukit barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, S.I.P dalam rangka Rencana Kunker RI 1 ke Provinsi Sumatera Utara menghadiri Perayaan Paskah Nasional 2018 di Kabupaten Samosir, Selasa (10/4)

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj. Nurhajizah Marpaung SH MH mengharapkan dukungan dari Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, untuk pengamanan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang akan menghadiri acara Paskah Nasional 2018 diSigulatiKabupaten Samosir.

Hal itu disampaikan Wagubsu Nurhajizah, selaku Ketua Umum Panitia Paskah Nasional Tahun 2018 ketika berkunjung ke Makodam I Bukit Barisan, Selasa (10/4). Nurhajizah yang hadir bersama Ketua Harian Paskah Nasional 2018 Bonar Sirait dan pengurus serta anggota panitia Paskah Nasional.

Nurhajizah mengatakan, perayaan Paskah Nasional Tahun 2018 rencananya akan dihadiri Presiden RI dan dijadwalkan tanggal 27 April 2018 dibuka Presiden Jokowi. “Direncanakan pembukaan tanggal 27 April 2018 di Sigulati Kabupaten Samosir dan ditutup pada tanggal 28 April 2018. Bila memungkinkan keduanya dilakukan langsung oleh Bapak Presiden RI, “ujarnya.

Untuk itu, Nurhajizah memohon bantuan dari Kodam I/BB untuk pengamanan kunjungan Presiden RI dan rombongan pada kegiatan Paskah tersebut. Termasuk meminjamkan helikopter untuk kemungkinan Presiden RI ke tempat tujuan melalui udara.“Untuk antisipasi Bapak Presiden RI lewat udara dari Bandara Silangit menuju lokasi acara. Karena lewat air memakan waktu hingga 2 jam. Dimohon helikopter Kodam standby,” ujarnya.

Selain itu Nurhajizah juga menyampaikan bahwa selain Presiden RI beserta rombongan,  rencananya Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga akan berkunjung ke Kabupaten Samosir dan Pusat Informasi Geopark Kaldera Danau Toba yaitu Sigulati, yang merupakan tempat yang sama dengan Pelaksanaan Paskah. “Untuk itu, sebagai panitia kami memohon untuk dapat berkoordinasi dengan pihak Kodam I/BB,” sebutnya.

Ketua Harian Bonar Sirait juga menyampaikanpada tanggal 20 April 2018 Obor Paskah akan diterima di Medan, tepatnya di Gereja GPIB di Depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan. “Kami juga memohon untuk bantuan pengamanan jalannya obor tersebut,” ujar Bonaryang juga Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provsu.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo pada kesempatan itu sangat menyambut baik kunjungan Wagubsu selaku Ketua Umum Perayaan Paskah Nasional 2018 dengan tuan rumah Provinsi Sumatera Utara. Kodam I/BB sangat mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan.

Pihaknya, kata Pangdam,  siap untuk membantu pengamanan wilayah dengan bekerjasama dengan pihak Kepolisiandalam hal ini Polda Sumatera Utara. “Untuk kunjungan VVIP, pengamanan wilayah merupakan tanggung jawab TNI. Pihak Polda juga turut membantu,” ujar Ibnu.

Dia berharap dari panitia agar memberikan jadwal acara kegiatan Paskah Nasional tersebut guna pihaknya bisa menentukan titik-titik yang akan dijaga dan dapat berkoordinasi dengan pihak pengamanan Presiden (Paspampres).

Untuk kegiatan pengamanan obor PaskahIbnu mengatakan agar panitia berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polda Sumut. “Untuk kunjungan tanpa dihadiri Presiden RI, sebaiknya berkoordinasi dengan Kapolda. Kodam juga akan membantu,” sebutnya.