Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyempatkan untuk berkunjung dan meninjau Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Barumun, Jalan Kihajar Dewantara - Sibuhuan, Rabu (10/4/2019). Gubernur meminta agar guru memprioritaskan ajaran budi pekerti, karena baginya masa depan generasi ini ada di tangan guru, pintar itu penting tapi lebih penting lagi budi pekerti. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

SIBUHUAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta kepada para guru untuk memprioritaskan ajaran budi pekerti kepada para siswa. Sehingga para siswa menjadi generasi muda yang memiliki moral dan akhlak baik.

Hal itu disampaikan Gubernur ketika kunjungan kerja (Kunker) ke SMAN 1 Barumun, Jalan Kihajar Dewantara Nomor 43 Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Rabu (10/4). Dalam kunjungan itu Gubernur didampingi Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap dan Kepala Sekolah SMAN 1 Barumun Ikhsanul Nasir Hasibuan.

Gubernur memasuki kelas-kelas dan ruang guru. Bertegur sapa dengan para siswa dan guru, serta memeriksa fasilitas dan kondisi sarana prasarana sekolah. “Masa depan generasi kita ini ada di tangan kalian, pintar itu penting tapi lebih penting lagi budi pekerti. Kalian ajarkan dan utamakan itu, generasi Sumut harus miliki akhlak yang baik, bermoral,” ujar Gubernur dihadapan para guru.

Edy Rahmayadi menyayangkan banyaknya pemberitaan di media tentang kenakalan remaja dan para siswa yang melawan pada orang tua dan guru. Dirinya berharap kejadian-kejadian tersebut tidak terjadi di Sumut. “Khususnya kepada para guru agama, tanggung jawab kita ini Bapak dan Ibu untuk pastikan anak-anak kita ini terdidik, tidak hanya secara keilmuan tapi juga moral,” ucap Edy.

Lebih lanjut, Edy memberikan motivasi kepada guru. Katanya, guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan memiliki amanah serta tanggung jawab yang berat. “Kalian adalah pahlawan tanpa tanda jasa, tugas mulia yang kalian emban. Penting sekali, jangan pernah merasa rendah diri. Untuk itu, semangat lah kalian mendidik generasi penerus kita ini,” tuturnya.

BACA JUGA  Hadiri Musda XIV KNPI Sumut, Edy Rahmayadi : Pemuda Harus Punya Mental Konstruktif dan Cerdas

Kepada kepala sekolah, Edy berpesan agar meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang mendukung kenyamanan guru untuk mengajar, khususnya di ruang guru. Kepala Sekolah SMAN 1 Barumun Ikhsanul Nasir Hasibuan kemudian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan rombongan yang telah berkunjung ke SMAN 1 Barumun.

“Suatu kerhormatan bagi kami, sekolah kami dikunjungi Bapak Gubernur. Mudah-mudahan kami akan laksanakan itu arahan-arahan yang disampaikan Pak Gubernur, dan mudah-mudahan dari sekolah ini seperti yang diharapkan Pak Gubernur, lahir generasi-generasi Sumut yang terdidik dan miliki budi pekerti,” ucapnya.**