SERGEI – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi MSi menyerahkan 100 (seratus) unit sepeda motor kepada para Kepala Desa (Kades) dan 4.840 bakal pakaian PKK saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (9/3).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan peresmian Puskesmas Daerah Perbatasan yakni Puskesmas Tanjung Beringin yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI.

Turut hadir Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, unsur Forkopimda Sergai, Pjs Bupati Batubara M. Faisal Hasyrimi,  Plt. Sekdaprovsu Ibnu S Utomo, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr. Andi Saguni, Ketua TP. PKK Sumut Hj. Evi Diana Erry dan pengurus, para Kepala OPD Provsu, Sekdakab Sergai Hadi Winarno, Ketua TP PKK, Ketua GOPTKI dan Ketua DWP Sergai beserta pengurus,  para Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kades se-Sergai, Kepala BPJS Cabang Lubuk Pakam, Kepala Kantor Pertanahan, BPS, BNN Sergai, para Kepala Puskesmas se-Sergai, tokoh agama, tokoh masyarakat serta kader PKK se-Sergai.

“Hari ini kita lihat pembangunan Sergai sudah sangat cepat dan membanggakan, semoga kedepannya dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, ” ujar Gubsu Erry.

Untuk itu diharapkan dengan pemberian sepeda motor ini dapat lebih meningkatkan kinerja para kades dalam menjalankan tugasnya menjadi efektif dan maksimal.

“Begitu juga dengan pemberian bakal baju seragam untuk para Kader PKK hendaknya lebih berperan aktif lagi dalam kesejahteraan juga kesehatan keluarga hingga di pedesaan,” ujarnya.

“Semoga kedatangan kami dapat menjadi motivator untuk stakeholder dalam membangun tanah bertuah negeri beradat ini,” kata Gubsu.

Lebih lanjut disampaikan Gubsu, dalam nawacita ketiga yang digaungkan Presiden RI Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dan desa. Karena desa merupakan ujung tombak pemerintah dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Untuk menjadi desa yang baik, harus dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakatnya.

“Desa yang baik maka kecamatannya akan baik, kecamatannya baik tentu kabupatennya juga baik. Jika kabupatennya sudah baik maka provinsinya juga baik. Tidak ada kita yang superman tapi yang ada supertim. Supertimlah yang dapat membangun negara kita, “kata Gubsu Erry.

Disamping itu desa di Kabupaten Sergai juga telah mempunyai Alokasi Dana Desa (ADD) yang cukup besar tentunya harus dibarengi dengan kemampuan dalam mengalokasikannya. “Saya mengingkatkan kepada para kades agar terus meningkatkan kapasitasnya dalam. pengelolaan ADD. Jangan  tidak mau perduli dengan kondisi birokrasi. Terus pelajari agar tidak tertinggal informasi. Dan semoga desa di Sergai dapat menjadi percontohan desa-desa yang lain, “ucapnya.

Pada kesempatan ini, Gubsu juga berpesan bahwa puskesmas yang baru dibangun dengan megah hendaknya harus diimbangi dengan pelayanan yg baik. Sehingga kedepannya dapat memperoleh predikat Puskesmas Paripurna, yang salah satu persyaratannya harus memiliki amdal, pungkasnya.

Sementara itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya dalam ucapan selamat datangnya menucapkan terimakasih kepada Pemprovsu yang telah memberikan bantuan 100 sepeda motor untuk para kepala desa dan kepada Kementerian Kesehatan RI yang telah membangun Puskesmas untuk daerah perbatasan yakni Puskesmas Tanjung Beringin.

Bantuan sepeda motor ini akan didistribusikan kepada desa yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dan masyarakat yang banyak sehingga pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat lebih lancar. Disamping itu juga diberikan kepada desa-desa yang berprestasi dimana mempunyai laporan keuangan, RPJMDes dan APBDes nya baik dengan harapan dapat menjadi pemicu dan pemacu bagi desa-desa lainnya untuk lebih berprestasi dimasa yng akan datang, ujar Soekirman.

Dalam kesempatan itu Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr. Andi Saguni memgatakan bahwa modal pembangunan adalah kesehatan. Untuk membangun kualitas dan akses kesehatan, pemerintah pusat melalui Kementerian RI akan mbangun 124 puskesmas daerah perbatasan, salah satunya Puskesmas Tanjung Beringin ini.

Pembangunan puskesmas ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, untuk itu pelaksanaannya harus baik dengan dikawal oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Sergai.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama antara Pemerintah pusat,  pemprov dan pemkab, oleh karenanya manfaatkanlah dengan baik dengan cara memelihara dan menciptakan pelayanan yang bermutu dan berkualitas denga menyediakan SDM,” katanya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penandatangan MoU dengan BPJS Cabang Lubuk Pakam, pemberian Kartu Nelayan dan beras sejahtera kepada masyarakat.