Pelantikan Bupati Langkat
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi melantik Terbit Rencana Perangin-Angin dan Syah Afandin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Langkat Periode 2019-2024 di Aula Raja Inal Siregar, lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan P. Diponegoro No. 30, Medan, Rabu (20/2/2019). Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, OPD Pemprovsu, mantan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al-Hajj, Tokoh Masyarakat Syamsul Arifin, Ketua DPD Partai Hanura Sumut Kodrat Shah, OPD Pemkab Langkat serta unsur Forkopimda Kabupaten Langkat. (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu / Imam Syahputra).

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Terbit Rencana Perangin Angin dan Syah Afandin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Langkat Periode 2019-2024 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (20/2). Keduanya diminta dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di Langkat, khususnya stunting.

Hadir pada acara itu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Provsu Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Provsu Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, mantan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al Hajj, Tokoh Masyarakat Syamsul Arifin, Ketua DPD Partai Hanura Sumut Kodrat Shah, Wakil Ketua TP PKK Langkat Endang Kurniasih, Anggota DPRD Sumut dan Langkat, OPD Pemprovsu dan Langkat, serta unsur Forkopimda Langkat.

Gubsu Edy Rahmayadi menyebut, stunting merupakan salah satu masalah yang dihadapi Kabupaten Langkat. Karena itu, kepada keduanya, diminta agar menekan jumlah stunting. “Saya mau ini ditekan, jangan mau jadi juara yang negatif, bagaimana masa depan bangsa ini, jika anak-anaknya banyak kena stunting,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Gubsu mengharapkan Bupati dan Wakil Bupati Langkat agar bekerja sama dengan berbagai komponen. “Rangkul itu tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda, ajak semuanya, saya yakin Pak Terbit pasti bisa,” katanya.

Khusus kepada Bupati Langkat yang baru, Gubsu juga berpesan untuk selalu bekerja sama dengan wakil bupati. Menurutnya wakil bupati sudah ditakdirkan untuk bekerja bersamanya hingga akhir masa periode nanti. “Anda tidak bisa bekerja sendirian, anda dibantu oleh wakil, andalah yang meminta rakyat agar memilih anda bersama Afandin,” katanya.

BACA JUGA  Bank Sumut Salurkan Zakat Rp500 Juta untuk Pembangunan Masjid Agung

Gubsu juga berpesan, agar keduanya mampu menjadikan Langkat lebih hebat. Apalagi, banyak tokoh asal Langkat yang menjadi pemimpin. “Ada 2 gubernur yang berasal dari Langkat, ini menunjukan orang Langkat hebat-hebat, saat ini, kejayaan, kehebatan, dan bermartabatnya Langkat tergantung dari bagaimana bupati dan wakil bupatinya saat ini,” katanya.

Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin mengatakan, akan menjalankan apa yang telah disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi pada sambutannya. Dirinya akan menjalankan program sesuai dengan visi dan misi yang telah dibuatnya, terutama mengenai kesehatan dan pendidikan.

Mengenai stunting yang disebut Gubsu, Terbit mengatakan akan segera mengumpulkan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Langkat dan pihak terkait untuk membahas hal tersebut. “Sesuai arahan Pak Gubernur kita lihat nanti, akan kita rapatkan di OPD terkait,” ujar Terbit, usai pelantikan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Langkat Tio Rita br Surbakti. Usai melantik, Ketua TP PKK Provsu Nawal Edy Rahmayadi mengharapkan agar Tio Rita dapat bekerjasama dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah kesehatan keluarga di Langkat.

“Saya sangat mengharapkan kerja keras anda. Saya berharap anda dapat bekerja sama dengan elemen terkait, bantuan dari pembina PKK juga sangat dibutuhkan untuk itu,” katanya.

Selain itu, Nawal juga mengharapkan Dekranasda Langkat dapat menjaga hasil kerajinan asli daerah itu. Tenun motif Langkat juga harus dibudayakan agar dapat berkembang dengan baik. “ Tenun motif Langkat merupakan potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan lebih besar lagi,” katanya.**

BACA JUGA  Gubernur Sumut Ajak Seluruh Pihak Sinergi Tingkatkan Investasi