Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi melepas jalan santai sekaligus menarik undian satu berhadiah satu unit rumah pada acara jalana santai yang diselenggarakan oleh salah satu media lokal berbasis nasional di Lapangan Benteng Medan, Minggu (6/5/2018).

MEDAN– Melepas acara Jalan Sehat ribuan masyarakat, Minggu  (6/5) pagi, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr HT Erry Nuradi MSi menguji pengetahuan warga tentang sejarah dan kewilayahan di Sumatera Utara (Sumut). Dalam kegiatan yang berlangsung di Lapangan Benteng itu, ratusan hadiah diberikan, termasuk hadiah utama satu unit rumah kepada peserta.

Jalan Santai yang digelar Harian Tribun Medan itu, Gubsu Erry mengajak masyarakat untuk melihat perkembangan pebangunan di Sumut dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari infrastruktur seperti jalan dan jembatan, begitu juga dari segi pelayanan di pemerintahan yang semakin mudah dan memudahkan.

“Kita punya banyak hal positif di Sumut. Jalan-jalan kita sudah semakin baik, pertumbuhan ekonomi juga termasuk tinggi. Itu dapat dilihat dari banyaknya pembangunan di provinsi yang dilakukan baik oleh pemerintah provinsi maupun pusat. Oleh karenanya, kita patut berbangga dengan kondisi ini,” ujar Erry didampingi Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Ilyas Sitorus.

Pun begitu, Gubsu tetap mengingatkan beberapa hal yang harus menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Ada dua faktor yang menurutnya perlu dicontoh dari negara lain seperti di Eropa dan yang lainnya. Hal ini dilihat setelah kunjungannya ke sejumlah negara di Eropa beberapa waktu lalu dalam rangka kerjasama di bidang pengolahan air minum dan lainnya.

“Ada yang perlu kita contoh dari mereka (Negara Eropa) yang ada di luar negeri. Di sana masyarakatnya sangat disiplin. Apalagi soal kebersihan, sungai dan jalan terlihat rapi dan bersih. Makanya kalau kita bisa menegakkan disiplin dan kebersihan itu, maka Indonesia bisa jauh lebih baik dari negara-negara maju di dunia,” katanya.

Dalam acara ini, Gubsu justru lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat yang memenuhi Lapangan Benteng. Bahkan dengan kehadirannya, peran pembawa acara hampir digantikan. Karena selain membagi-bagikan hadiah kepada peserta Jalan Sehat, Erry juga menguji pengetahuan warganya tentang sejarah Sumut dan juga soal kedaerahan.

Adapun pertanyaan sederhana disampaikan Erry, siapa saja Gubernur Sumatera Utara sejak 70 tahun hingga sekarang. Begitu juga dengan pengetahuan kedaerahan, yakni tentang nama-nama kabupaten/kota, 10 dari 33 daerah yang ada.

Di sela pemberian pertanyaan kepada masyarakat, Erry juga mengajak semua peserta bergoyang bersama sambil membagikan cenderamata kepada penonton yang paling bersemangat. Hal itu membuat suasana di Lapangan Benteng menjadi sangat meriah.

Di akhir acara, Gubsu pun memilih satu kupon undian untuk hadiah yakni Sepeda Motor serta hadiah utama satu unit rumah. *