Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si melepas lomba lari 5K dan 10K yang diselenggarakan oleh Pasukan Khas TNI Angkatan Udara Wing III dengan tema "Paskhas Run and Charity Tahun 2018" di Batalyon Komando 469 Paskhas, setelah selesai melepas lomba lari gubsu kemudian diajak untuk berlatih menembak oleh Pangkosek Hanudnas III Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso, MM, M.Tr(Han) yang masih berada diarea Batalyon Komando 469 Paskhas, Minggu (29/4)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi Msi mengajak masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk menggelorakan semangat berolahraga. Selain bermanfaat untuk menyehatkan jasmani dan rohani, olahraga juga merupakan salah satu aktivitas bersama yang bisa dilakukan untuk membangun rasa kebersamaan dan kekompakan.

“Selain untuk tubuh dan jiwa yang sehat, olahraga kita hari ini juga merupakan ajang silaturahmi. Dengan semangat olahraga, kita berbaur bersama-sama antara masyarakat umum dan militer. Tentunya, ini adalah kesempatan yang luar biasa. Mudah-mudahan aktivitas kita hari ini bisa mempererat kebersamaan dan kekompakan kita sebagai masyarakat Sumut,” ujar Gubsu Erry saat mengawali pelepasan peserta Lomba Lari 5 Kilometer dan 10 Kilometer Paskhas Charity Run 2018, Minggu (29/4), di Batalyon Komando 469 Paskhas, Jalan Garuda Kepatrian F Sihombing, Medan.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengabarkan tentang terpilihnya Provinsi Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Tuan rumah bersama Sumut dan Aceh, kata Erry, meraih 24 suara dari 34 pemilih Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Provinsi di tanah air. Mengalahkan  dua calon tuan rumah lainnya, yakni Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebagai salah satu usaha persiapan menjadi tuan rumah PON XXI, Erry mengimbau agar semakin banyak pihak yang melaksanakan kegiatan keolahragaan. Menurut Erry, aktivitas  olahraga seperti Paskhas Charity Run ini berpotensi untuk melihat potensi-potensi atlet baru. “Mungkin ada di antara peserta yang memiliki bibit-bibit atlet dan selama ini masih terpendam. Dengan adanya kegiatan seperti ini, bisa kelihatan ternyata ada potensi . Apalagi lari adalah salah satu olahraga populer di multievent olahraga seperti PON,” terangnya.

Erry yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Drs Arsyad Lubis MM juga mengapresiasi Pasukan Khusus (Paskhas) TNI AU Wing III atas terlaksananya Lomba Lari 5 Kilometer dan 10 Kilometer Paskhas Charity Run 2018. “Saya sangat mengapresiasi Paskhas TNI AU Wing III karena telah menyelenggarakan event positif seperti ini, apalagi yang ikut rata-rata adalah anak muda. Saya harap TNI, Polri, maupun pemerintah daerah, bupati dan walikota juga mulai gelorakan olahraga, seperti ketika HUT 70 Pemprovsu kita jalan santai dengan 6000-an masyarakat Sumut,” kata Erry

Setelah kegiatan lomba lari, didampingi Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional III/Medan Marsekal Pertama Ir Tri Bowo Budi Santoso MM MTr (Han), Erry juga menyempatkan diri mencoba langsung olahraga menembak sasaran di Lapangan Tembak Pistol Pancawara Paskhas, Batalyon Komando 469 Paskhas.

“Jadi kami di jajaran TNI AU, khususnya yang ada di wilayah Medan, memiliki fasilitas olahraga menembak sasaran yang cukup memadai. Saya bersyukur Pak Gubernur bisa hadir di tempat ini, menyaksikan dan mencoba langsung fasilitas ini. Mudah-mudahan lapangan tembak ini bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas yang bisa mendukung penyelenggaraan PON nantinya,” ungkap Tri Bowo.

Sementara itu, Kepala Batalyon Paskhas Letkol Pasukan Jumongga Sitinjak menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Lari 5 Kilometer dan 10 Kilometer Paskhas Charity Run 2018 diadakan sebagai ajang untuk menggalakkan dan mengajak masyarakat, prajurit TNI, dan Polri untuk membudayakan semangat olahraga, khususnya olahraga lari yang berguna untuk pembinaan fisik dan jasmani.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan lagi kepada masyarakat tentang satuan kami yaitu paskhas. Kemudian, kegiatan yang diikuti 700-an orang ini nantinya berujung pada amal, dimana nantinya kami merencanakan akan melaksanakan kegiatan amal berupa bakti sosial di daerah wilayah terdampak bencana di gunung sinabung,” jelas Jumongga.**