Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Forkopimda Sumut dan Walikota Medan Dzulmi Eldin melepas 138 kendaraan hias dalam rangka memeriahkan malam Takbiran Idulfitri 1440 H di Lapangan Merdeka, Jalan Pulau Pinang Medan, Selasa (4/6/2019). Gubernur mengimbau kepada masyarakat yang ikut pawai kendara hias ini agar tertib berlalulintas. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas 138 mobil hias yang mengikuti Pawai Malam Takbiran menyambut Idulfitri 1440 H di Lapangan Merdeka Medan, Jalan Pulau Pinang, Medan, Selasa malam (4/6). Gubernur mengimbau masyarakat mengikuti pawai takbiran dengan tertib dan aman.

“Saya berharap pawai ini dilaksanakan dengan tertib dan aman,” kata Gubernur kepada seluruh peserta pawai.

Menurutnya kegiatan Pawai Takbiran tersebut merupakan bagian dari syiar Islam. Apalagi sudah menjadi budaya, khususnya di Sumatera Utara. “Ini juga diadakan dalam rangka kita menyambut bulan Syawal dan melepaskan dahaga kita yang satu bulan penuh menjalankan puasa,” ujar Edy Rahmayadi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Forkopimda Sumut melepas Pawai Takbiran 1440 H. Turut hadir diantaranya Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan MS Fadhilah, Kepala Kepolisian Daerah Sumut Agus Andrianto, Pangkosek Hanudnas III Djohn Amarul, Danlanud Soewondo Dirk Pontje Lengkey, Danlantamal I Belawan Ali Triswanto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Asisten Administrasi Umum dan Aset Provinsi Sumut Mhd Fitriyus, Ketua MUI Kota Medan Moh Hatta serta OPD Pemko Medan.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga mengimbau agar masyarakat beramai–ramai mengikuti Salat Idulfitri di Lapangan Merdeka. “Esok hari di tempat ini (Lapangan Merdeka) juga kita akan melaksanakan Salat Ied yang dilaksanakan pagi hari,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur juga berpesan agar masyarakat tidak lupa membayar zakat. Menurutnya membayar zakat adalah kewajiban bagi umat Islam. Selain itu, dikatakannya zakat sangat penting untuk membangun umat, khususnya di Sumut “Selain itu jangan lupakan Zakat Fitrah,” pesannya.

BACA JUGA  Diwisuda Bersama Ratusan Purnawirawan TNI AD, Edy Rahmayadi: Pengabdian Saya pada Negara akan Terus Berlanjut

Gubernur juga mengucapkan selamat Idulfitri 1440 H kepada masyarakat Sumatera Utara. “Kita sudah menjalankan puasa selama sebulan penuh, besok kita memasuki bulan syawal, selamat merayakan Idulfitri 1440 H. Semoga Sumatera Utara menjadi provinsi yang maju, aman dan bermartabat,” ujarnya.

Gubernur tampak bergembira melepas 138 mobil hias tersebut dan melambaikan tangannya kepada semua peserta mobil hias. Mobil hias tersebut berasal dari seluruh kelurahan Kota Medan. Pawai dimulai usai waktu Salat Isya. Selain itu Pawai juga diadakan di Belawan

Adapun rute yang dilalui oleh pawai di antaranya, dimulai dari Jalan Pulau Pinang, kemudian menuju Jalan Balai Kota, Jalan Putri Hijau, Jalan Guru Patimpus, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Pattimura, Jalan Mongonsidi, Jalan Ir H Juanda, Jalan Katamso, Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani, Jalan Bukit Barisan, Jalan Stasiun Kereta Api, dan diakhiri di Jalan Pulau Pinang.**