Wagub Sumut Hj Nurhajizah Marpaung menerima audiensi rombongan RE Foundation belum lama ini.

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Hj Nurhajizah Marpaung meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk bekerja keras dan serius melaksanakan tugas percepatan pembangunan kawasan Danau Toba. Hal itu disampaikannya pada saat menerima audiensi rombongan RE Foundation belum lama ini.

Hadir dalam kunjungan tersebut Direktur Utama RE Foundation, Rustam Efendy Nainggolan bersama sejumlah staf. Direncanakan yayasan ini menggelar Lomba Bersih Indah Pinggiran Danau Toba pada 29 Agustus mendatang. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyambut baik rencana tersebut, di mana Wagub sendiri menyampaikan kesediaannya untuk hadir pada acara puncak di Desa Lumban Gaol, Tobasa.

“Mudah-mudahan kita bisa hadir. Kita juga terus mengupayakan bagaimana memajukan Danau Toba. Apalagi perhatian Menko Maritim Luhut Panjaitan kepada kawasan ini cukup tinggi,” ujar Wagub.

Disampaikan Wagub, Pemprov Sumut juga terus membicarakan soal target menjadikan Danau Toba sebagai kawasan Geopark yang diaku UNESCO. Sehingga Kerja keras mencapai target tersebut terus dilakukan mengingat penfataran Geopark Kaldera Toba ke badan khusus PBB itu pada tahun ini.

“Karena ini tugas kita bersama, jadi kalau belum tuntas harus jadi fikiran kita. Karenanya saya minta SKPD terkait untuk bekerja keras menjalankan percepatan pembangunan tersebut,” katanya.

Sementara RE Nainggolan dalam kunjungannya juga menyampaikan apresiasi atas upaya keras serta kesediaan Pemprov dalam mendukung segala kegaitan yang berkaitan dengan pengembangan kawasan Danau Toba. Apalagi dengan gerakan kebersihan pinggiran danau yang mereka laksanakan sejak tahun lalu, bisa dijadikan contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

BACA JUGA  Festival Danau Toba 2018 Dibuka, Masyarakat Sumut Diajak Beramai-ramai Kunjungi Danau Toba

“Walaupun kami tidak mendapat dana dari pemerintah dan lembaga lain, tetapi untuk Danau Toba, kita bertekad untuk menjadikannya bersih. Karena dengan begitu, danau ini akan dicintai masyarakat,” sebutnya sekaligus menyampaikan rencana kegiatan Lomba Bersih Indah Pinggiran Danau Toba.

Disampaikannya bahwa kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak Mei lalu. Pada akhir Agustus mendatang merupakan kegiatan final. Sementara dipilihnya Wagub untuk membuka acara tersebut karena Nurhajizah merupakan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Kawasan Danau Toba.

“Ini sudah kita lakukan juga tahun lalu, tetapi belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Karena itu kita berharap ini bisa terus digalakkan. Karena ada 214 desa yang berada di bibir pantai Danau Toba. Kita berharap dukungan Pemprov,” katanya.