Medan – Banyak cara untuk memaknai dan mengambil hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satu caranya adalah dengan mulai mengintegrasikan nilai-nilai religius ke dalam pekerjaan.

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Setda Provsu Nouval Mahyar SH saat membacakan kata sambutan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi pada peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H Lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (8/5).

“Banyak orang beranggapan bahwa pengaplikasian nilai-nilai religius dalam pekerjaan tidak terlalu dibutuhkan. Ibadah dan nilai religius diterapkan ketika berada di masjid dan ditinggalkan setelah keluar dari sana. Padahal, jika nilai tersebut kita wujudkan di kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, mudah-mudahan kasus seperti korupsi, tidak semarak seperti saat ini,” ujarnya.

Nouval juga beranggapan bahwa mengintegrasikan nilai religius dalam pekerjaan akan membuahkan banyak keuntungan, baik di dunia maupun di akhirat. Bekerja dengan rasa ikhlas, kata Nouval, khususnya ASN dalam melayani masyarakat, bisa menjadi ibadah yang mendatangkan pahala.

Nouval berharap ASN bisa memanfaatkan peringatan isra’ mi’raj ini sebagai momentum untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. “Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak hadirin semua untuk bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, apalagi sebentar lagi kita memasuki bulan suci ramadhan. Mari membersihkan jiwa dengan memperbanyak amal ibadah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Binsos dan Kemasyarakatan Setdaprovsu Muhammad Yusuf selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan Isra’ Mi’raj di Lingkungan Pemprovsu ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Selain itu, kegiatan ini adalah ajakan bagi kita untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad serta diamalkan dalam kehidupan pekerjaan. Sehingga nantinya, tujuan membangun Sumut yang berdaya saing dan sejahtera bisa tercapai,” terang Yusuf.

Adapun tema besar yang diangkat dalam peringatan Isra’ Mi’raj 2018 adalah “Tingkatkan Nilai Pengabdian kepada Allah SWT dengan Mewujudkan Rasa Solidaritas Sesama ASN Melalui Peningkatan Kinerja untuk Membangun Sumut yang Harmoni dan Berkeadilan”.

Peringatan Isra’ Mi’raj juga diisi dengan ceramah yang dibawakan oleh salah satu pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Langkat, Ustadz H Irfan Yusuf SAg. Ceramah berlangsung khidmat sekaligus menghibur. Dalam ceramahnya, Ustad Irfan berpesan agar para ASN selalu mengutamakan keberkahan dalam bekerja.

Turut hadir dalam peringatan Isra’ Mi’raj tersebut Sekretaris DPRD Sumut H Erwin Lubis SH MM, para Kepala OPD, Komite Penjamin Mutu BPSDM Sumut Profesor H Zainuddin dan ASN di lingkungan Setdaprovsu.**