MEDAN – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA berharap masyarakat Sumatera Utara (Sumut) turut serta meramaikan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII pada tanggal 4-13 Oktober 2018. Hal ini disampaikannya saat hadir dalam Dialog Interaktif Sosialisasi MTQN XXVII, di TVRI Stasiun Medan, Selasa (17/7).

“Kita patut bangga, Sumut bisa terpilih menjadi tuan rumah. Untuk MTQN 2020 saja, sudah ada 5 provinsi yang meminta untuk menjadi tuan rumah. Untuk itu, marilah kita tunjukkan rasa bangga ini dengan membantu mensukseskan dan meramaikan,” ajaknya.

Dengan mengangkat tema “MTQ Mewujudkan Revolusi Mental, Menuju Insan yang Qur’ani”, Eko berharap acara MTQN ini bisa mengajak masyarakat untuk lebih dekat dengan agama dan mencintai Al-Quran. “Pembukaan MTQN nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober, masyarakat Sumut harus hadir dan tampilkan kesan ramah sebagai tuan rumah,” katanya.

Eko menjelaskan bahwa ada delapan lokasi yang dipersiapkan untuk pelaksanaan MTQN. Kedelapan lokasi tersebut yaitu Astaka di area Gedung Serba Guna Jalan Pancing, Lapangan Merdeka Medan, Asrama Haji Medan, Gedung Serba Guna Jalan Pancing, Istana Maimun Medan, UIN SU, dan UNIMED.

“Fokus wilayah ini kan ada di Medan dan Deli Serdang. Jadi kita sudah kordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya tentang penertiban dan keamanan sekitar lokasi. Sejauh ini, untuk persiapan MTQN lancar dan sudah mencapai progres hingga 70 persen lebih,” tutur Eko.

Eko mengatakan bahwa dirinya sudah berpesan kepada panitia untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Karena, acara MTQN ini bisa menjadi representasi Sumut dimata para peserta MTQN yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia dan tamu-tamu dari 38 kedutaan negara-negara sahabat

Untuk cabang perlombaan, kata Eko, ada 8 jenis perlombaan yang akan dilombakan dalam MTQN. Mulai dari Cabang Tilawah Al-Quran, Khat, Hifzih, Fahmil, Syahril, Tafsir, Hifzil, dan Musabaqoh Menulis Ilmiah Al-Quran.

“Ada empat golongan yang bisa mengikuti perlombaan. Diantaranya itu golongan dewasa putra/putri, golongan remaja putra/putri, golongan anak-anak putra/putri, dan golongan penyandang disabilitas netra putra/putri,” terang Eko.

Kepada kafilah Sumut, Eko berharap agar dilakukan persiapan yang baik dan matang. Sehingga, Sumut tidak hanya bangga menjadi tuan rumah tetapi juga bangga dengan prestasi dan gelar yang diraih Kafilah Sumut di MTQN.

Turut hadir dalam Dialog Interaktif tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Dr Hj R Sabrina MSi, Kepala Dinas Kominfo HM Fitriyus dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus.**