Plt Sekdaprovsu Ir Ibnu S Hutomo, Gubernur IPDN, para pejabat kemendagri, Kepala BKD Provsu Kaiman Turnip Foto bersama usai penyerahan PNS IPDN angkatan XXIII ke Pemprovsu, Senin (23/10) di gedung binagraha Pemprovsu.

MEDAN – Mendagri menyerahkan sebanyak 87 orang PNS lulusan IPDN angkatan XXIII Tahun 2016 kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Utara, Senin (23/10) di Gedung Binagraha Pemprovsu.

Dalam sambutannya Mendagri yang dibacakan Gubernur IPDN Prof Dr H Ermaya Suradinata, SH, MH, MS mengatakan bahwa IPDN berkomitmen mendukung program Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Agenda tersebut dimaknai bersama sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam rangka pengembangan wilayah dan memajukan daerah.

Untuk itu diperlukan sumber daya manusia aparatur yang unggul baik dari segi mental maupun intelektualnya. PNS IPDN telah ditempa untuk itu. “Penempatan purna praja ini memang bertujuan untuk mendukung Nawacita ketiga Bapak Presiden yakni membangun Indonesia dari pinggiran,” tegasnya.

Selain itu lanjutnya pengalokasian penempatan lulusan IPDN Angkatan XXIII ditetapkan melalui Peraturan Menteri dalam Negeri nomor 78 tahun 2017 tentang penempatan dan perpindahan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

“Peraturan ini ditetapkan sebagai bentuk komitmen kementerian dalam negeri dalam menyiapkan kader terbaiknya untuk memperkuat pembangunan di pusat dan daerah khsusunya di wilayah perbatasan,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Mendagri juga berharap agar lulusan IPDN dapat menggerakan dan mengorganisir masyarakat di perbatasan. “Layani masyarakat dengan baik di perbatasan, di daerah terluar,” ucap nya.

Para alumni IPDN angkatan XXIII yang berasal dari berbagai provinsi dari seluruh Indonesia ini nantinya akan ditempatkan di Provinsi Sumatera dan 25 kabupaten dan 8 kota se provinsi Sumatera Utara. 12 orang nantinya akan ditempatkan di Pemprovsu. Selanjutnya ke kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur IPDN Prof DR H Ermaya Suradinata, SH MH MS, para pejabat kementerian dalam negeri yang mendampingi PNS Alumni IPDN Angkatan XXIII, mewakili para bupati/walikota se Sumatera Utara, para kepala BKD se Provinsi Sumatera Utara dan para PNS Alumni IPDN Angkatan XXIII tahun 2016.

Dalam sambutan Gubsu yang dibacakan Plt Sekdaprovsu Ibu S Hutomo berharap para Alumni IPDN yang ditempatkan di 33 kabupaten/kota se Sumatera Utara menjadi pelopor Nawacita Presiden RI Joko Widodo. Para Alumni IPDN angkatan XXIII, lanjutnya mampu membenahi masalah birokrasi di daerah. Juga sosok birokrat yang sanggup melayani, membawa pemerintahan bersih dan menjadi agen perubahan. “Memberikan pelayanan terbaik di pemerintahan. Pelayanan yang baik, service excellent,” ujar Gubsu.

Selain itu Gubsu juga menghimbau kepada kepala daerah diminta agar para alumni IPDN angkatan XXIII dapat dijadikan sebagai pemikir dalam pemikir dalam formulasi kebijakan, pelaksana dalam implementasi kebijakan serta mengevaluasi kebijakan agar dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat. Juga peran serta dan pemikiran para lulusan IPDN angkatan XXIII untuk membangun Sumatera Utara agar mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi. “Tunjukan kepada masyarakat bahwa lulusan IPDN adalah PNS yang memiliki kapasitas dan integritas yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Gubsu.

Gubsu juga berpesan agar para lulusan IPDN angkatan XXIII bisa memahami budaya tempat para IPDN nantinya bekerja yang mungkin berbeda dengan budaya dari tempat asal para IPDN. “Diharapkan nantinya para alumni IPDN sebagai ujung tombak persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI,” sebut Gubsu.