KARO – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Idrus Marham dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr. Hj. Nurhajizah SH, MH menyerahkan sejumlah bantuan terhadap pengungsi korban bencana erupsi gunung Sinabung, Jumat (23/2) di Desa Surbakti Kabupaten Karo.

Hadir juga pada penyerahan tersebut Bupati Karo Terklin Brahmana, Kadis Sosial Provsu Razali, serta sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Sebelum memberikan bantuan, Mensos RI Idrus didampingi Wagubsu Nurhajizah bercengkrama dengan sejumlah siswa sekaligus memberi motivasi untuk terus bersekolah meski bencana erupsi Sinabung terjadi.

“Tetap semangat meski bencana terjadi, tetap berdoa agar bencana erupsi Sinabung segera berhenti dan kita menjalankan aktifitas seperti dulu,” ujarnya.

Tak hanya itu Mensos juga berpesan kepada warga yang mendapat bantuan untuk mengunakan sebaik mungkin. “Saya berharap bantuan ini dipergunakan sesuai dengan peruntukannya dalam arti sesuai kebutuhan yang seperlunya saja, “ujarnya.

Sementara Wagubsu mengatakan bahwa kehadiran Mensos RI secara langsung menunjukkan simpati akan penderitaan yang terjadi kepada warga Tanah Karo. “Perhatian Mensos RI yang sedemikian besar sangat membantu penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi korban,” jelasnya.

Tak hanya itu juga kedatangan Mensos ini mendorong semua lapisan masyarakat untuk bahu membahu antara Pemprovsu, Pemkab Karo dan masyarakat.

Bantuan yang diberikan berupa bantuan logistik sebesar Rp379.036.900,-, jaminan hidup sejumlah Rp1.355.400.000 (masing-masing kepala keluarga mendapat Rp900.000,- x 1.506 jiwa, isi hunian tetap sebesar Rp3.000.000,- per kepala. Juga pemberian beras kepada 2 kecamatan yang terkena erupsi Sinabung Kecamatan Sipayung dan Tiganderget.