Penjabat (PJ) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs Eko Subowo MBA menerima tim kunjungan kerja (kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provsu Dapil Sumut I dan II Kota Medan, di Ruang EWP Tambunan Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (9/7).

MEDAN – Penjabat (PJ) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs Eko Subowo MBA berharap pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII di Sumatera Utara (Sumut) pada tanggal 4-13 Oktober mendatang bisa menjadi momentum untuk mengangkat marwah dan mengharumkan nama Sumut.

Hal ini disampaikannya saat menerima tim kunjungan kerja (kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provsu Dapil Sumut I dan II Kota Medan, di Ruang EWP Tambunan Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (9/7). Adapun tujuan kunjungan kunker DPRD Provsu yakni membahas dan mengevaluasi persiapan penyelenggaraan MTQN XXVII.

“MTQN ini adalah acara besar yang harus bisa kita manfaatkan momentumnya untuk menampilkan citra positif Sumut. Banyak provinsi yang berkeinginan untuk menjadi tuan rumah, namun Sumut yang dipilih. Kepercayaan ini tidak boleh kita sia-siakan, mari kerja sama untuk mensukseskannya,” ujar Eko Subowo.

Eko sangat mengapresiasi kedatangan tim kunker DPRD Sumut dan berterima kasih untuk masukan-masukan yang telah disampaikan. Bagi Eko, kedatangan tim kunker DPRD SU merupakan salah satu bentuk kepedulian dan komitmen terhadap kelancaran penyelenggaraan MTQN.

“MTQN ini adalah acara kita semua seluruh masyarakat Sumut. Jika pelaksanaannya tidak berjalan dengan baik, kita semua juga yang malu. Untuk itu, kami berterima kasih pada tim kunker DPRD SU atas masukan yang diberikan. Masukan akan menjadi catatan bagi panitia yang akan segera ditindaklanjuti,” katanya.

Sesuai dengan laporan yang diterimanya dari panitia bidang fasilitas arena dan Astaka MTQN, Eko kemudian menjelaskan persentase progres pembangunan yang telah dicapai per 4 Juli, yakni 68% ntuk astaka, 65% untuk pengerjaan tower, kolam 85%, drainase 85%, paving block 75%, keramik motif batu alam 85%, taman 15%, dan secara keseluruhan persiapan kegiatan MTQN progresnya mencapai 70,10%.

Selain persiapan menjadi tuan rumah, Eko pun berharap agar kafilah Sumut juga melakukan persiapan maksimal. “Semakin banyak nilai positifnya nanti. Selain menjadi tuan rumah yang baik, kafilahnya pun unggul-unggul,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua tim kunker DPRD Provsu Dapil Sumut I dan II Kota Medan H Ikrimah Hamidy ST MSi menyampaikan hasil kunker terkait monitoring pelaksanaan MTQN XXVII. Beberapa masukan yang disampaikannya yakni perlunya penertiban dan penataan untuk daerah sekitar venue, perlunya peningkatan publikasi MTQN di lokasi-lokasi strategis, kerja sama dengan pihak swasta terkait industri hospitality, memperbanyak persediaan air, dan lainnya.

“Kedatangan kami ini adalah atas dasar kesadaran bahwa MTQN ini merupakan acara kita bersama. Untuk itu, kami mengharapkan yang terbaik untuk penyelenggaraan acara ini. Kami bersedia, apabila diperlukan untuk membantu kelancaran MTQN, sudah menjadi tugas kami sebagai pihak yang melakukan monitoring,” ujar Ikrimah.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut rombongan tim kunker DPRD Provsu Dapil Sumut I dan II Kota Medan, Asisten Pemerintahan Drs Jumsadi Damanik SH MHum, dan Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Drs H Muhammad Yusuf MM.**

Turut hadir dalam pertemuan tersebut rombongan tim kunker DPRD Provsu Dapil Sumut I dan II Kota Medan, Staf Ahli, Asisten, serta Kepala OPD Provsu terkait.**