Wagubsu menyerahkan bingkisan kepada Umbar Subroto didampingi istri.

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH .MH mengunjungi pejuang kemerdekaan Umbar Subroto yang berusia lebih dari 100 tahun di kediaman Jalan Sidorukun, Medan Jumat (18/8). Kepada Nurhajizah, pria yang ikut mendikan TNI di Sumut ini menitipkan dua pucuk surat yang ia tulis tangan sendiri.

Surat itu ditujukan Umbar kepada Gubsu DR Ir H T Erry Nuradim,M.Si dan Wakil Gubernur Nurhajizah sendiri. Ketika ditanyakan Wagub tentang isi surat, Umbar enggan menjelaskannya. Dia berkeinginan agar surat itu langsung dibaca sendiri oleh penerima.

Kepada Umbar, Wagubsu bertanya tentang kabar dan kesehatan pria yang pernah mendapat penghargaan dari Presiden RI Soeharto. Dalam kesempatan itu Wagubsu memberikan bingkisan dari Gubernur Sumut berupa kain sarung dan juga sebuah cincin emas. Cincin tersebut langsung disematkan Wagubsu ke jari pejuang 45 tersebut.

“Pemberian ini sebagai ungkapan terima kasih kepada Umbra Subroto yang sudah berjuang melawan penjajah di bumi nusantara ini,” jelasnya.

Pada saat itu Umbar mengatakan bahwa dirinya merupakan cikal bakal pendiri TNI dan turut berjuang kemerdekaan Indonesia.

Turut dalam kunjungan tersebut Kepala BKD Provsu KaimanTurnip, Asisten Kesos Zulkarnain, dari Veteran H Subarman, PBRI Rusmadi SH, SPn, dari DHD 45 Sultan Jalaluddin Siregar. Setelah mengunjungi Umbar Subroto, Nurhajizah mengunjungi M Ibrahim Sinaga (79) di Asrama TNI Glugur Hong. Dia merupakan veteran juga berjuang membela tanah air melawan agresi dari pemerintahan Belanda .

Sama seperti Umbar, Ibrahim juga Wagubsu juga menyematkan sebuah cincin emas dan Ibrahim sampai kini masih tinggal di rumah Dinas Asrama TNI Kodim dan mendapatkan uang pengsiun setiap bulan dan jaminan kesehatan (askes).

Kendati demikian Wagubsu mengatakan untuk kedua Pejuang DHD 45 maupun Veteran untuk didata dan akan dibantu dalam hal tempat tinggal ke pihak yang berwenang di pusat. “Kita akan data dan akan diajukan untuk pembedahan rumah ataupun tempat tinggal bagi mereka yang belum memiliki,” jelasnya.