Plt. Sekretaris Daerah Ir. Ibnu Sri Hutomo, MM Foto Bersama Dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Brigade 08, Sumut M. Kurnia Muklis Beserta Pengurus Ruang Kerja Sekda Provsu, Rabu, 11 April 2018

MEDAN – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah untuk merangkul masyarakat, khususnya dalam program pembangunan daerah. Semakin tinggi tingkat pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam program pembangunan daerah, semakin besar pula tingkat keberhasilan untuk mencapai target-target pembangunan di wilayah Sumut.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Plt.Sekdaprovsu) Ibnu S Hutomo saat menerima audiensi dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Brigade 08, Rabu (11/4), di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sumatera Utara Medan.

“Semuanya kan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Ormas, sebagai kelompok yang paling dekat dengan masyarakat khususnya di tingkat akar rumput (grass root), harus bisa menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Ibnu melanjutkan bahwa salah satu faktor yang selama ini menjadi penghambat jalannya proses pembangunan adalah kurangnya keselarasan antara program-program pembangunan yang dirancang dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat di lapangan.

“Selama ini, masyarakat lebih sering dipandang sebagai objek pembangunan. Padahal seharusnya, tidak hanya sebagai objek, tetapi juga subjek pembangunan itu sendiri,” katanya.

Karena itu, Ibnu berharap Brigade 08 bisa membantu mensosialisasikan program pemerintah membantu meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat pada program-program pembangunan daerah. Serta aktif membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang meresahkan masa depan generasi muda seperti narkoba.

Ibnu juga mengimbau agar Brigade 08 menjalankan fungsi-fungsi organisasinya murni untuk kepentingan rakyat. Karena, saat ini banyak terjadi penyalahgunaan dan pergeseran fungsi serta tujuan mulia ormas.

“Alhasil, semakin banyak masyarakat yang tidak percaya pada ormas. Padahal seharusnya ormas itu menjadi sahabat masyarakat dalam mengawal pemerintahan. Ormas juga harus bisa menjadi pemersatu dan menjaga keharmonisan di tengah masyarakat,” ujar Ibnu.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Brigade 08 Thomas Tarigan beserta rombongan menyampaikan tujuan kedatangannya untuk audiensi. Brigade 08 sebagai ormas baru di Sumut, ingin memperkenalkan diri dan bersilaturahmi dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

“Selain itu, kami berharap kehadiran ormas kami ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Sumut. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan bahwa kami siap mendukung program-program Pemprovsu yang bisa membawa kemajuan rakyat Sumut,” kata Thomas.

Diketahui, Brigade 08 merupakan ormas yang didirikan oleh Zacky Alatas SH MH di Jakarta pada tanggal 08 Juni 2014. Di Sumut, Brigade 08 baru dibentuk pada bulan Februari 2018. “Saat ini kami sedang konsolidasi internal dan sudah membentuk 14 kabupaten/kota. Pada bulan Mei mendatang, kami berencana untuk melakukan pelantikan secara kolektif dengan pengurus wilayah DPD Sumut,” ujar Thomas.*