MEDAN –  Para diplomat muda yang akan bertugas di berbagai daerah di Amerika, Eropa , Asia Fasifik dan Afrika diharapkan dapat menginformasikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara. Sehingga dapat dikembangkan atau dikerjasamakan dengan para investor di tempat para diplomat bertugas di luar negeri.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi ketika menerima kunjungan para pejabat diplomatik dan konsuler, serta pejabat pembantuan perwakilan RI di luar negeri di ruang Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Rabu (21/3).

Sebanyak 76 diplomat muda yang akan bertugas di luar negeri itu, dibekali pengetahuan tentang Sumatera Utara, baik dari bidang ekonomi sosial dan budaya. Pembekalan ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan hubungan diplomasi bilateral dengan negara di Asia Pasifik, Afrika dan Amerika serta Eropa.

Kunjungan ini dipimpin Sekretaris Ditjen Amerika Eropa Ratu Silvi Gayatri bersama Sekretaris Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Rosy Verona. Turut hadir juga mantan Dubes RI untuk Yunani Beni Bahana Dewa, mantan Dubes RI untuk Turki Nahari Agustini dan mantan Konjen RI untuk Mumbay Saut Siringo-ringo.

Gubsu Erry Nuradi menyampaikan, Sumatera Utara merupakan gambaran miniatur Indonesia dilihat dari keragaman suku etnis agama dan budaya. Dengan luas wilayah yang mencapai 71.680 km dan jumlah penduduk yang mencapi 14 juta jiwa. “Keragaman ini merupakan potensi besar,” kata Gubsu.

Disampaikan juga, secara umum kondisi makro ekonomi sosial Sumut juga terus berada di atas pertumbuhan nasional. Pertumbuhan ekonomi Sumut tahun 2017 berada pada angka 5,12 persen, sementara pertumbuhan ekonomi nasional berada pada 5,07 persen.

Namun, Gubsu menyadari potensi yang dimiliki belum sepenuhnya diberdayakan secara maksimal. “Karena itu saya berharap para delegasi kementerian luar negeri  RI yang bertugas di luar negeri untuk dapat menginformasikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara untuk dapat di kembangkan atau dikerjasamakan dengan para investor di tempat para diplomat bertugas,” harap Gubsu.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Ditjen Amerika dan Eropa Ratu Silvi Gayatri mengatakan, dengan kunjungn ini diharapkan peserta mendapat informasi yang lengkap mengenai potensi Sumatera Utara. Sehingga dapat menjadi bekal bagi diplomat untuk memperjuangkan kepentingan negara Indonesia di dunia dan sekaligus mempromosikan Indonesia, khususnya Sumatera Utara di luar negeri.

Kunjungan para diplomat ini juga diisi dengan acara saling memberikan cenderamata. Gubsu didampingi Kepala Bapeda Sumut Ir H Irman MSi, Staf Ahli Bidang Ekonomi Elisa Marbun, mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sumut Maike Moganai dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Indah Dwi Kumala.

Acara yang di tutup dengan tarian kompilasi etnis Sumut itu juga menarik perhatian semua peserta. Selain tepuk tangan meriah, para peserta juga terlihat antusias berfoto dengan Gubsu dan para penari yang menggunakan pakaian adat seluruh etnis yang ada di Sumatera Utara.