Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi bersama Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah menghadiri pembukaan Pasar Tiban Karya Anak Negeri oleh Anne Avantie di Main Lobby Sun Plaza Medan Jalan KH Zainul Arifin Medan, Selasa (22/10/2019), Pasar Tiban merupakan metode bisnis yang dikembangkan Anne untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang untuk menikmati karyanya dengan harga yang terjangkau. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu : Veri Ardian)

MEDAN – Pasar Tiban Karya Anak Negeri oleh Anne Avantie resmi dibuka untuk ketiga kalinya di Main Lobby Sun Plaza Medan, Jalan KH Zainul Arifin, Kota Medan, Selasa (22/10). Desainer perempuan kondang Indonesia Anne Avantie, mengucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) yang ia terima selama di Kota Medan hingga terselenggaranya pembukaan Pasar Tiban.

“Sudah 29 kali saya menyelenggarakan Pasar Tiban, kalau di Medan ini yang ke tiga. Saya merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemprov Sumut, khususnya Dekranasda, yang memberikan banyak dukungan selama saya di Medan. Mudah-mudahan kehadiran saya di Medan memberi energi positif untuk kalian semua,” katanya Anne.

Pasar Tiban, kata Anne, merupakan metode bisnis yang ia kembangkan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang untuk menikmati karyanya dengan harga yang terjangkau. Dirinya menyayangkan banyak orang-orang yang menjiplak karyanya untuk menarik pasar kalangan menengah. “Karena itu lah pasar tiban ini saya hadirkan, agar lebih banyak yang bisa menikamati karya saya,” katanya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Nawal Edy Rahmayadi mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pasar Tiban tersebut. Nawal juga menyematkan ulos sebagai bentuk ucapan selamat dan apresiasi 30 tahun berkarya Anne Avantie.

“Seperti harapan Bunda Anne yang ingin melakukan pagelaranan karya besar di Medan, kami akan tunggu dan akan kami dukung. Mudah-mudahan, melalui karya bunda lahir inspirasi dan motivasi bagi masyarakat Sumut khususnya kaum perempuan, untuk berkarya dan mengikuti jejak kesuksesan Bunda Anne,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah juga mengapresiasi atas terlaksananya Pasar Tiban oleh Anne Avantie. Katanya, memberi inspirasi bagi pengrajin lokal dan pelaku usaha Sumut untuk mengembangkan produk-produknya. Sekaligus, memetik hikmah dari perjalanan panjang Anne meraih kesuksesan.

“Tidak ada yang instan. Seperti kata Bunda Anne, jangan melihat apa yang telah buda peroleh saat ini. Melainkan peluh dan jatuh bangkit yang dilakukan untuk mewujudkan kesuksesan itu,” tutur Sri Ayu.

Kemudian, Ayu mengucapkan selamat atas Pasar Tiban yang telah resmi dibuka. Suatu kebanggan bagi Dekranasda Sumut untuk mendukung terlaksananya Pasar Tiban. Dengan tema “Karya Anak Bangsa”, Ayu berpesan agar masyarakat selalu mendahulukan dan mendukung produk-produk lokal.

“Mudah-mudahan, sukses hingga pasar ini berakhir dan Bunda kembali lagi di tahun-tahun berikutnya dengan karya-karya yang lebih spektakuler. Kami pasti senantiasa mendukung Bunda,” ucapnya.

Peresmian ditandai dengan pemukulan bambu kentongan oleh Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Bunda Anne Avantie, Ketua Dharma Pertiwi Daerah A Tri Sasanti MS Fadhilah, Miss Grand International 2016 dan Runner Up III Putri Indonesia 2016 Ariska Putri, Direktur Mall Sun Plaza Medan Yoyana, mewakili dinas perindustrian dan perdagangan Sumut, dan mewakili dinas kebudayaan dan pariwisata Sumut.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian cendera mata kepada Pemprov Sumut melalui Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah. Dilanjutkan dengan parade karya Anne Avantie bertajuk “Selasa Berkebaya”. Diakhiri dengan peninjauan produk-produk Anne yang telah dipajang di Main Lobby Sun Plaza Medan. Diketahui, Pasar Tiban akan diselenggarakan dari tanggal 22-27 Oktober 2019.**