MEDAN – Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi punya strategi untuk mendorong penimgkatan prestasi olahraga di Sumatera Utara yaitu dengan mengaktifkan kembali penyelenggaraan event kejuaraan daerah. Sejak dua tahun terakhir, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga kembali digelar kejuaran daerah berbagai cabang olahraga sehingga menggairahkan kembali dunia olahraga di Sumut.

“Sebelumnyam, Sudah hampir 15 tahun minim sekalo Kejuaraan Daerah (Kejurda) memperebutkan piala Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), dan kini kembali kita menggelar berbagai kejurda memperebutkan piala Gubsu ,” ujar Tengku Erry
pada Acara Pembukaan Kejurda Pimpinan Daerah 018/Medan Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah di Gedung Serbaguna pada Sabtu (21/10).

Gubsu didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu Baharuddin Siagiaan mengatakan bahwa aejak dua tahun terakhir Pemprovsu terus melaksanakan kegiatan berbagai cabang. “Sehingga setiap bulannya biasa ada dua sampai tiga event kejuaraan daerah cabang Olahraga tertentu memperebutkan piala Gubsu,” kata Erry Nuradi .

Menurutnya ini salah satu komitmen Pemprovsu untuk memajukan Olahraga di Sumut. “Jadi sekarang, dari 36 hingga 40 cabang Olahraga yang ada di Sumut rata-rata tiga tiap bulannya melaksanakan Kejurda memperebutkan piala Gubsu,” kata nya.

Selain itu, ujar Gubsu, komitmen juga ditandai dengan membangun Sport Center yang ada di lingkungan Jalan Pancing termasuk membangun Gedung Serbaguna yang telah digagas sejak tahun 2000 pada masa Gubsu Alm. H Tengku Rizal Nurdin. Selain itu pihaknya juga tengah membangun Gedung Olahraga Bowling, anggar, Basket dan lainnya.

Dalam pembukaan kejuaraan Tapa Suci tersebut, Gubsu mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyambut baik dilaksanakannya Kejurda. Gubernur Sumatera Utara mengharapkan agar Kejurda dapat dijadikan momentum untuk mengukur kemampuan atlet Tapak Suci yang telah berlatih keras. Karena perkembangan Tapak Suci Sumut didukung oleh karakter masyarakat Sumut yang kuat dan Gigih serta disiplin.

Gubernur mengatakan bahwa selama ini Tapak Suci telah berperan aktif demi menciptakan dan mengembangkan atlet yang membuktikan Tapak Suci sudah mampu menjalankan Visi Misi Organisasi serta ikut aktif dalam menjalankan roda organisasi sesuai program kerja. Selain itu pegururan tapak suci menurut Gubsu sudah ikut berpartisipasi dalam peningkatan karakter dan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi kemajuan pembangunan manusia dan masyarakat khususnya pembangunan mental generasi muda di Sumut.

Menurutnya bahwa salah satu untuk menghindari pengaruh narkoba terutama kepada para generasi muda adalah dengan berolahraga, maka tujuan
pokoknya adalah kuantitas dan kualitas pembinaan atlet berprestasi dan juga menghindari dari perbuatan tercela lainnya.

Gubsu berpesan kepada para peserta Kejurda agar Memanfaatkan Moment Kejurda sebaik-baiknya untuk membuktikan kemampuan diri dari hasil latihan selama ini menjadi yang terbaik. “Jadikan Kejurda ini sebagai sarana untuk mengikuti event yang lebih bergengsi di tingkat Kejuaraan Nasional serta Internasional bahkan Sea Games dan lainnya. Selamat mengikuti Kejurda dengan penuh sportifitas , raihlah prestasi dan jadilah yang terbaik,” imbuhnya

Acara tersebut dihadiri oleh Mewakili FKPD, Ketua PW Tapak Suci Sumut H Ahmad Arif SE MM, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan Anwar Sembiring, Pimpinan Daerah 018 Tapak Suci Kota Medan M Andi Syahputra S.STP. M.AP, Ketua IPSI Kota Medan Kompol Enjang, para wasit, Juri dan pelatih serta para pendekar, kader bahkan Siswa/i Tapak Suci se Sumut.

Sebelumnya Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan Anwar Sembiring mengatakan Terima kasih kepada Pemprovsu yang telah memberi dukungan sarana dan prasarana. Dia mengharapkan Kejurda jangan hanya dilaksanakan pada tahun ini saja tetapi tetap berlangsung secara rutin.