Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si membuka Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) Sumatera Utara di GOR replika Sultang Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (02/03)

SERGAI debug– Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi memotivasi para atlet untuk terus meningkatkan prestasi, sehingga mengharumkan nama Sumatera Utara (Sumut). Hal itu sangat mungkin untuk dicapai, mengingat semakin maraknya aktivitas dan kegiatan olahraga di daerah ini.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Wilayah Sumut (Porwilsu) 2018 untuk Cabang Olahraga (Cabor) Tenis Meja, Senin (2/4), di Gedung Olahraga (GOR) Erry-Soekirman, Kelurahan Melati, Kebun Kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai (Sergai).

Gubsu Erry optimis peningkatan prestasi olahraga di Sumut bisa meningkat, dengan semakin maraknya aktivitas dan kegiatan keolahragaan yang terjadi di daerah ini. “Tahun lalu saja, hampir seluruh cabang olahraga mengadakan Kejuaraan Daerah (Kejurda), memperebutkan piala gubernur di 15 kabupaten/kota. Ini merupakan suatu hal yang baru dalam sejarah olahraga Sumut,” katanya.

Dijelaskannya, pelaksanaan Kejurda di kabupaten/kota wilayah Sumut adalah bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dalam mendukung upaya peningkatan prestasi olahraga. Setiap bulan, ada dua atau tiga lebih Kejurda yang dilaksanakan dan dibiayai oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumut.

“Kejuaraan tidak hanya diadakan di tingkat umum, untuk setingkat pelajar kita buat kejuaraan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora),” ujar Erry.

Meskipun banyak kemajuan yang diciptakan untuk mendukung aktivitas olahraga, Gubsu mengatakan bahwa ada juga beberapa kendala yang menghambat aktivitas dan kegiatan olahraga. Salah satunya adalah tidak tersedianya GOR di beberapa kabupaten. Di masa depan, Gubsu berharap GOR yang layak akan tersedia di seluruh kabupten/kota di Sumut.

Gubsu berharap Porwilsu Cabor Tenis Meja 2018 di Sergai ini akan menjadi ajang untuk melahirkan atlet-atlet tenis meja yang berkualitas dan menyumbangkan prestasi bagi Provsu di masa depan.

Sebelumnya, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan, olahraga merupakan kompetisi yang harus selalu menjunjung tinggi sportivitas di arena, serta dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Sehingga harmonisasi keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik, tanpa mengesampingkan semangat berkompetisi.

Soekirman juga mengucapkan selamat datangnya kepada para kontingen tenis meja yang berasal dari Medan, Langkat, Sidikalang, Batubara dan Simalungun. “ Kepada seluruh kontingen dari kabupaten/kota kami minta untuk menyampaikan salam kepada pemerintah, masyarakat dan orang tua atlet,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini akan dilaksanakan pertandingan yang merupakan ajang seleksi untuk mendapatkan posisi di Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (PORPROVSU) yang penyelenggaraanya dilaksanakan tahun ini juga. “Oleh karenanya saya berharap kepada seluruh atlet agar semaksimal mungkin bertanding, yang nantinya untuk mendapatkan posisi di PORPROVSU,” katanya.

Ketua Panitia Darwis Rambe menyampaikan, Pembukaan PORWILSU ini diikuti 5 kabupaten/kota, yaitu Kota Medan, Kabupaten Langkat, Dairi, Batubara dan Kabupaten Simalungun. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari 35 peserta, yang dibagi menjadi ganda putera 10 orang, ganda campuran 15 orang, ganda puteri 7 orang, regu putera 5, regu putri 4, tunggal putera 20 orang dan tunggal puteri 15 orang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wabup Sergai Darma Wijaya, Kepala OPD Sergai, Kepala OPD Provsu, Ketua KONI Sergai Siswanto, para atlet, pelatih, official maupun pendamping dari 5 kabupaten/kota yang mengikuti ajang olahraga tersebut.**