MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda untuk terus mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan. Diantaranya dengan terus bekarya dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Ibnu S Hutomo usai upacara bendera peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11) di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Ibnu Hutomo juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemprov Sumut agar bersunguh-sungguh dan memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai abdi negara.

“Kita harus memberi yang terbaik dalam bekerja sebagai wujud bakti kita pada negara dan ini secara langsung mengingat kita akan jasa para pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah dan jasa pahlawannya,” ujar Ibnu.

Sementara itu, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Pahlawan adalah Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal M Sabrar Fadhilah dan menjadi komandan upacara Danyon Zipur 1 /DD LETNAN KOLONEL CZI Eko Supri. Upacara diikuti oleh unsur TNI, POLRI, ASN dan Unsur Kepemudaan.

Usai upacara peringatan hari pahlawan, Pandam 1/BB Mayjend M Sabrar Fadhilah bersama unsur Forkopimda lainnya melakukan penaburan bunga ke Makam Pahlawan Bukit Barisan. Diantaranya makam Letda Sudjono yang gugur di areal PTPN III Bandar Betsy, Letjen TNI (Purn) Raja Inal Siregar (mantan Gubernur Sumut) dan Kapten KAL TNI AU A Rachmad Ishaq yang merupakan ayah kandung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Turut hadir di acara itu, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan, anggota DPRD Sumut dan DPRD Medan, veteran, serta organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.*