Pemprovsu Apresiasi Tawaran Kuliah Gratis dari Unhan

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengapresiasi dan menyambut baik tawaran kuliah gratis program S2 dan S3 dari Universitas Pertahanan (Unhan) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Kesempatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para ASN di lingkungan Pemprovsu.

“Ini tentu sangat menguntungkan bagi kita di Sumatera Utara. Kita bisa kuliah gratis S2 dan S3 yang benar-benar gratis. Kita jangan lewatkan kesempatan seperti ini, jadi nanti ini kita sampaikan kepada atasan kita masing-masing ada kuliah S2 dan S3 gratis di Unhan agar bisa ditindaklanjuti,” kata Asisten Administrasi Pemerintahan Pemprovsu Jumsadi Damanik ketika membuka acara sosialisasi kuliah gratis dari Unhan di Ruang Lumban Tobing, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (20/12).

Jumsadi Damanik juga mengharapkan, sosialisasi kuliah gratis dari Unhan juga dilakukan kepada seluruh kabupaten/kota di Sumut. Sehingga ASN yang ada di daerah juga dapat berkesempatan mengikuti kuliah gratis tersebut.

“Bila nanti dari Unhan ada waktu lagi, kita akan upayakan mengumpulkan 33 perwakilan kabupaten/kota, karena ini penting bagi mereka terutama yang tinggal di perbatasan seperti Nias, Sibolga, Padang Lawas dan daerah-daerah perbatasan lainnya,” ujar Jumsadi.

Sebelumnya, Kepala Biro Akademik Unhan Brigjen Agus Winarna mewakili Rektor Unhan Letjen TNI Dr Tri Legionosuko SIP MAP menyampaikan, Universitas Pertahanan merupakan salah satu dari 47 universitas di dunia yang memfokuskan program studinya untuk pertahanan negara. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat dalam bidang pertahanan dan bela negara.

BACA JUGA  Pemprov Sumut dan Pertamina Perlu Bersinergi Awasi Pendistribusian BBM dan Gas

Dikatakannya, ada tiga tujuan utama Unhan, yaitu meningkatkan kerjasama sipil dan militer untuk menjaga demokrasi di Indonesia, peningkatan pertahanan dengan bekerja sama secara internasional, dan pengembangan ilmu pertahanan dan bela negara.

“Karena kita ingin Unhan menjadi universitas kelas dunia, kita mendatangkan pengajar-pengajar dari luar negeri juga, melakukan program Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) dan bekerja sama dengan universitas dari luar negeri. Dan semua ini gratis, semuanya gratis dari uang kuliah, mess, makan bahkan ada uang saku,” tambah Brigjen Agus Winarna.

Untuk saat ini, katanya, ada empat fakultas di Unhan dengan 17 porgram studi S2, sedangkan untuk S3 adalah Program Studi Ilmu Pertahanan. Program studi yang menjadi favorit ASN saat ini adalah Manajemen Bencana dan Resolusi Konflik.

Sampai saat ini Universitas yang didirikan pada 6 Maret 2009 tersebut sudah memiliki sekitar 1700 alumni yang sebagian besar dari TNI. Sekarang ada sekitar 800 mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Unhan dan sebagian besar sedang mengerjakan tugas akhir.

Unhan akan membuka kembali pendaftaran untuk mahasiswa baru pada bulan Januari hingga April. “Untuk tahun ajaran 2019-2020 kami akan mulai membuka pendaftaran pada bulan Januari hingga April. Ini dibuka untuk umum, TNI/Polri dan ASN. Kita akan menerima sekitar 300 mahasiswa baru di tahun ajaran baru nanti. Dan ini semua gratis, bahkan Anda juga akan difasilitasi seperti mess dan uang saku,” kata Brigjen Agus Winarna yang didampingi Tata Usaha Biro Umum Sri Murtiana.

BACA JUGA  Wagub Terima Kunjungan Dubes AS, Bahas Program Pertukaran Pendidikan

Turut hadir di acara sosialisasi tersebut perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprovsu dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Sumatera Utara Kolonel Inf Azhar Mulyadi SE.**