Pemprovsu dan Singapura Jajaki Kerja Sama Peningkatan Kualitas SDM
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar di ruang kerja Wagubsu, Kantor Gubsu lantai 9, Medan, Rabu (23/1/2019). Kunjungan Dubes Singapura untuk Indonesia kali ini adalah untuk membicarakan upaya menjalin kerja sama antara Singapura dan Sumut. (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu / Imam Syahputra).

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar, Rabu (23/1). Penjajakan kerja sama di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu pembahasan pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Wagubsu, lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

“Kita menyadari bahwa peningkatan kualitas SDM adalah suatu keharusan. Meskipun infrastruktur dan lainnya baik, tapi jika tidak didukung dengan kualitas SDM yang mumpuni, maka sulit juga untuk maju,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Ijeck menyampaikan bahwa hubungan kerja sama yang diharapkannya yakni dalam bidang pendidikan, khususnya di bidang-bidang yang menjadi prioritas pembangunan di Sumut. Seperti, bidang agraris, hospitality dan pariwisata, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya. Bentuknya diharapkan berupa pemberian beasiswa untuk pelajar-pelajar Sumut melanjutkan studi di Singapura.

“Selama ini hubungan Sumut dan Singapura sudah sangat baik, khususnya bidang ekonomi dan pembangunan. Kita berharap hubungan ini semakin baik lagi kedepannya. Banyak hal yang bisa saling kita pelajari,” ucapnya.

Wagubsu memuji Singapura, meskipun porsi dan potensi alam untuk wisatanya tidak sebanyak di Indonesia, Singapura mampu menciptakan strategi dan pengelolaan wisata yang cakap. Hal-hal seperti ini, kata Ijeck, penting untuk dipelajari Pemprovsu dari Singapura.

BACA JUGA  Pengemudi GrabCar Merasa Dizalimi, Gubsu Edy Rahmayadi Bantu Berikan Solusi

“Saat ini, Pemprovsu sedang berbenah menuju tata kelola pemerintahan yang modern. Kami percaya sistem digitalisasi akan mempercepat proses pembangunan di Sumut. Mudah-mudahan sistem digitalisasi ini juga akan memudahkan untuk investor berinvestasi bagi para investor,” ungkap Wagubsu.

Dubes Singapura Anil Kumar Nayar mengucapkan terima kasih kepada Wagubsu atas sambutan hangat yang diterimanya. Dirinya membenarkan bahwa Singapura dan Sumut memiliki hubungan yang baik dan kedatangannya adalah untuk menjaga dan meningkatkan hubungan baik tersebut.

“Kami sepakat kualitas SDM itu menentukan sekali dalam proses pembangunan. Kami tentunya sangat terbuka dan siap mendukung Pemprovsu. Teknis kerja sama ini bisa dibahas pada pertemuan lanjutan berikutnya,” kata Anil.

Menurut Anil, Sumut selalu menjadi magnet wisata bagi warga Singapura, khususnya Danau Toba. Selain jarak yang dekat, keindahan Danau Toba memang memukau. “Potensi Danau Toba itu besar, jika dirawat dan dibenahi terus berpeluang memberi keuntungan besar untuk Sumut,” tuturnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik, Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganagan Alwin Sitorus.**