Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, SH, MH menerima bantuan perahu karet dari Balai Wilayah Sungai Sumatera II di Kantor Balai Sungai Sumatera Utara jalan AH Nasution, Rabu (9/4).

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendapat hibah tiga perahu karet dari  Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Utara II. Hibah perahu karet itu diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal, terutama dalam proses evakuasi korban banjir yang sering terjadi di daerah ini.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas hibah perahu karet yang diberikan BWS Sumatera Utara II. Menurutnya, ini merupakan bentuk sinergitas dari semua pihak dalam rangka membangun Provinsi Sumatera Utara.

“Sinergitas seperti ini hendaknya bukan hanya dari BWS Sumatera Utara II saja, tetapi semua pihak untuk kemajuan Provinsi Sumatera Utara,” ujar Wagubsu Nurhajizah Marpaung, dalam sambutannya pada acara Penyerahan Prasarana Perahu Karet dari BWS Sumatera II kepada Pemprovsu, Rabu (9/5) di Kantor BWS Sumatera II Jalan AH Nasution 30 Medan.

Dikatakan Wagubsu, perahu karet ini sangat diperlukan karena hampir semua daerah di Provinsi Sumatera Utara rawan akan banjir. Seperti yang baru-baru saja terjadi pada tahun 2018 di Kabupaten Asahan dan Kota Tebingtinggi. “Ada di Tebingtinggi, Samosir ada di mana-mana banjir awal Januari 2018 lalu,” sebutnya.

Bantuan perahu karet ini, lanjut Nurhajizah, selain digunakan untuk evakuasi korban banjir juga dapat digunakan untuk arung jeram. Diketahui, arung jeram di Asahan ini nomor tiga yang esktrim di dunia. Namun belum tersentuh. “Tidak ada yang datang. Sementara nomor 100 pun didatangi orang asing,” katanya.

BACA JUGA  Keliling Indonesia Kampanyekan NKRI dan Perjuangkan Difabel, Pria Difabel Johnson Singgah ke Kantor Gubsu

Perahu karet ini, kata Wagubsu, juga merupakan permintaan dari masyarakat Kabupaten Asahan guna menunjang pengelolaan arung jeram di Kabupaten Asahan. “Akan segera kita serahkan ke pemerintah Kabupaten Asahan karena ini juga dalam rangka membangun Sumatera Utara,” kata Wagubsu.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II Roy Panagom Pardede, ST MTech bahwa dalam melaksanakan tugasnya Balai tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus bekerja sama dengan semua pihak. “Balai sangat terhormat dengan kehadiran Ibu Wagubsu mewakili Provinsi Sumatera Utara. Mudah-mudahan sinergitas ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

BWS Sumatera II merupakan Unit Pelayanan Teknis dibawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bertugas dalam hal pembangunan dan pengembangan sumber daya air untuk wilayah sungai kewenangan pusat yang ada di wilayah Sumatera Utara. Begitu juga masalah banjir merupakan tugas dari Balai Sungai.

“Balai Wilayah Sungai Sumatera Utara II selalu siap untuk bekerjasama dengan semua pihak khususnya Pemprovsu guna mendukung pembangunan di Provinsi Sumatera Utara. Mudah-mudahan perahu karet ini dapat bermanfaat untuk masyarakat,” sebutnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan serah terima hibah 3 perahu dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, serta penyerahan secara simbolis fisik perahu karet tersebut. Turut Hadir Kadis PSDA Provsu Lukmanul, Kepala BPBD Provsu Ir Riadil A Lubis MSi, dan Jajaran Balai Wilayah Sungair Sumatera II. **

BACA JUGA  Sambut Peringatan Hari Ibu ke 90, Pemprovsu Fasilitasi Nikah Massal 50 Pasang Suami Istri