Wagubsu membuka grand opening PT. Innovam Indonesia Global Cab Medan.

MEDAN – Langkah Innovam Netherlands membuka Kantor perwakilan di Sumatera Utara diapresiasi Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH. Wagubsu pun berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dapat mengikuti jejak Provinsi Naggroe Aceh Daerussalam (NAD) yang telah lebih dulu melakukan penandatangan kerjasa sama (MOU) dengan pihak Innovan Netherlnads.

“Tentu kita sangat mengapresiasi kehadiran Innovam Netherlands di Sumut khususnya di Kota Medan ini. Apalagi mereka bersedia memajukan siswa SMK dengan memberikan pelatihan dan kesempatan magang di dunia usaha di Belanda. Kita berharap secepatnya akan bisa bekerjasama seperti yang telah dilakukan Provinsi NAD hari ini,” ujar Wagubsu usai membuka Grand Opening Innovam di Blok DD Komplek CBD Polonia Medan Selasa (26/09/2017) ditandai dengan pemukulan gong.

Hadir dalam Grand Opening Innovam Wakil Gubernur NAD Ir H Nova Iriansyah MT, Perwakilan Kedutaan Belanda di Jakarta MR Melcher Klimk, Konsul Belanda Onny Hidra Kusuma, dan Kasi Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI Saryadi.

Dikatakan Wagubsu, dengan hadirnya Innovam di Sumut tentunya akan semakin memudahkan Pemprovsu untuk bekerjasama dengan industry pelatihan otomotif multi brand bertaraf internasional yang berada di Nieuwegen, Utrecht, Netherlands. Apalagi pasca adanya pengalihan kewenangan pengelolaan SMA dan SMK ke Provinsi, Pemprovsu bertekad untuk meningkatkan mutu pendidikan termasuk juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) siswa SMK agar menjadi tenaga siap pakai dan professional.

“Bahkan kami berharap nantinya lebih banyak siswa SMK yang berkesempatan magang kerja ke Belanda. Kalau Siswa dari NAD 10 orang magang ke Belanda, saya berharap dari Sumut bisa 40 orang,” harap Wagubsu.

Lebih lanjut dikatakan Wagubsu, kerjasama yang nantinya dilakukan Pemprovsu dengan Innovam Indonesia salah satunya sebagai upaya Pemprovsu mengatasi masalah ketenagakerjaan di Sumut. Dimana Sumut yang terdiri dari 33 Kabupaten Kota berdasarkan data BPS dengan jumlah penduduk 14 juta lebih dengan angkatan kerja 6,36 juta orang. Dari jumlah angkatan kerja, yang bekerja 5,99 juta dan yang menganggur 370 ribu orang. Dari angka tersebut tenaga kerja di Sumut pada umumnya tamatan SLTA dan Sarjana.

“Kepada PT Innovam Indonesia yang telah memberikan bukti terhadap komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Kompetensi dan prestasi para siswa SMK. Kita berharap kedepannya diharapkan bisa menciptakan anak-anak didik yang siap pakai,”pungkasnya.

Sementara itu, CEO Innovan Belanda, Leo Fransen mengatakan, pihaknya berkeinginan untuk menjadikan lulusan SMK di Sumut bisa bekerja di Eropa. Dikatakannya, PT Innovan siap memberikan magang kerja kepada siswa SMK di Sumut selama 3 bulan.

“Kami menyediakan tempat magang kerja bagi siswa SMK selama 3 bulan, di sana juga kami siapkan fasilitas tempat tinggal, kami akan menanggung akomodasi hingga memberikan uang saku bagi siswa yang sudah terpilih nantinya,” ujar Leo.

Usai membuka Grand Opening Innovam Indonesia, Wagubsu juga berkesempatan menyaksikan penandatangan MOU antara Pemprov NAD dan Innovam Indonesia sekaligus pemberian penghargaan tiga dari sepuluh siswa SMK asal NAD yang berkesempatan magang ke Belanda setelah terpilih sebagai pemenang Innovam Indonesia Otomatis Skill Contest. Ketiganya yakni Juara Pertama Nyak Umar dari SMKN1 Aceh Jaya, juara II Rabudin dari Kabupaten Bireun, dan juara II diraih Rahmatullah dari Kabupaten Aceh Timur.