MEDAN – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Pimpinan Pascasarjana Perguruan Tinggi (Forpimpas) se-Indonesia yang ke-40 dan International Conference on Natural Resources and Sustainable Development (ICNRSD), Kamis malam (2/8) di Aula Raja Inal Siregar lantai 2, Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Pada kesempatan itu, Pj Gubsu Eko Subowo mengharapkan Perguruan Tinggi (PT) dengan motor pasca sarjana mampu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa.

Perguruan Tinggi juga harus mampu meningkatkan kompetensi di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan revolusi industri 4.0. “Dan dituntut mampu menghasilkan orang yang bermakna, menjaga integritas, berkarakter Pancasila, menjaga persatuan dan kesatuan, menjunjung tinggi keberagaman dan mampu mengimplementasikan kompetensi, baik softskill maupun hardskill,” sebut Eko.

Karena itu, Rakernas Forpimpas dan konferensi internasional tersebut diharapkan dapat menghasilkan pengembangan riset, teknologi dan pendidikan. Juga meningkatkan interaksi dan komunikasi diantara peneliti dari berbagai daerah di Indonesia dan internasional, serta peningkatan kolaborasi ide, peningkatan daya saing dan kekuatan kelembagaan pasca sarjana. Khususnya di provinsi Sumatera Utara.

“Saya menyambut baik terlaksananya acara Rakernas Forpimpas sekaligus konferensi internasional yang diselenggarakan di Kota Medan. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan peran perguruan tinggi, khususnya pasca sarjana dalam peningkatan sinergi antara pemerintah, Pemda perguruan tinggi, dunia usaha, swasta dan masyarakat,” sebut Eko.

Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristek Dikti Prof Dr Ali Gufron Mukti MSc PhD mengatakan bahwa untuk mencapai impian bersama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini perlu adanya kolaborasi. “Bagaimana habis pemilihan Gubernur di Sumatera Utara, Gubenur yang lama, yang baru, yang kalah, dan yang menang bisa bekerjasama, termasuk Pj Gubsu,” katanya.

Ali Gufron juga menyampaikan, sangat mendukung keberadaan Forum Pimpinan Pasca Sarjana, yang menurutnya akan menghasilkan strategi guna peningkatan mutu proses pembelajaran dan dalam rangka penyiapan SDM dalam menyongsong khususnya revolusi indutri 4.0.

Rektor USU Prof DR Runtung Sitepu pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Forpimpas karena mempercayakan Sumatera Utara sebagai tuan rumah Rakernas ke-40 Forpimpas dan seminar internasional. Dua kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan akreditasi, khususnya pasca sarjana.

Runtung mengajak para peserta untuk menyempatkan waktu menikmati wisata alam dan kuliner di Sumatera Utara. “Kuliner enak dan banyak hasil kerajinan daerah untuk oleh-oleh,” katanya.

Ketua Forpimpas Sumut Robert Sibarani mengucapkan terima kasih kepada Pemprovsu yang telah mendukung kegiatan ini. “Apalagi ini merupakan seminar internasional pertama Forpimpas, tentunya kami kurang pengalaman sebagai penyelenggara pertama, tapi berkat dari dukungan dari semua pihak sehingga acara ini bisa berjalan,” ujar Robert, yang juga Direktur Pasca Sarjana USU.

Turut Hadir Keynote Speaker dari Jepang, Jerman Italia dan Inggris, Ketua Forpimpas se Indonesia Prof Dr Ir Purwanto DEA, Ketua MWA USU Panusunan Pasaribu, para wakil rektor USU, para ketua wilayah Forpimpas, para Direktur Sekolah Pasca Sarjana PTN se Indonesia dan peserta Rakernas.**