Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman upacara Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro Medan, Senin (1/10). Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu / Fahmi Aulia

MEDAN – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilakukan setiap tanggal 1 Oktober diharapkan tidak sekadar menjadi acara seremonial. Tetapi diharapkan dapat menambah semangat dan rasa kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah usai menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10) di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

“Setiap perayaan, peringatan atau upacara Hari Kesaktian Pancasila diharapkan dapat semakin menambah semangat dan kecintaan kita kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang sama kita cintai ini,” ujar Wagub Sumut Musa Rajekshah.

Dengan semakin menguatnya kecintaan terhadap bangsa dan negara, menurut Wagub Musa Rajekshah, peristiwa memilukan yang dikenal dengan Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (G 30/S PKI), yang menculik beberapa jendral dan berupaya melenyapkan Pancasila, tidak akan terulang lagi.

Sementara itu, upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti oleh para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berlangsung lancar dan tertib. Peserta upacara tampak serius dan khidmat mengikuti rangkaian upacara, meski sinar matahari cukup cerah.

Usai upacara, Wagub Musa Rajekshah menyempatkan diri menyalami para ASN dan pimpinan OPD yang hadir. Sesekali Wagub tampak bercengkrama dengan para ASN dan pimpinan OPD, sambil berlalu meninggalkan lokasi upacara.**

BACA JUGA  Wagubsu Dukung Aksi Pencegahan Korupsi Nasional