MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menyerahkan penghargaan kepada enam daerah kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut). Enam daerah tersebut dinilai sudah berinovasi pelayanan publik E-Government.

Pemberian penghargaan tersebut dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah ke 22, Kamis (26/4) di halaman kantor Gubernur Jalan Dipenegoro Medan. Enam daerah yang menerima penghargaan itu adalah Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdangbedagai, Kabupaten Tapanuli Utara dan Pakpak Bharat.

Gubsu mengatakan penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, juga bermakna bahwa pelaksanaan kelembagaan, bukan atas kehendak seseorang atau kelompok tertentu. “Otonomi daerah taat kepada prinsip bahwa semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di mata hukum,” kata Gubsu pada saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 22.

Gubsu yang membacakan kata sambutan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ini menjelaskan bahwa perjalanan usia 22 tahun adalah usia dimana kedewasaan bersemai. “Begitu juga dengan perjalanan otonomi daerah, kita saat ini semakin menyadari bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan adalah otonomi daerah,” katanya

Selain itu, Tengku Erry menjelaskan, otonomi daerah juga merupakan wujud nawa cita dengan cara mensejahterakan rakyat secara akuntabel, transparan, berkepastian hukum dan partisipasi. Penyelenggaraan otonomi daerah diarah untuk membangun tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama otonomi daerah, yaitu peningkatan kesejahteran rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreativias serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah.

“Namun jika prinsip-pinsip ini diabaikan, maka penyelenggaraan otonomi daerah tidak akan pernah sampai pada tujuannya. Selain itu pemerintah sepenuhnya menyadari, inovasi dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah baik di kabupaten/kota,” katanya.

Hadir pada upacara tersebut sejumlah Kepala OPD di jajaran Pemprovsu, serta para Aparatur Sipil Negara (ASN).**