Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemerinta Provinsi Sumatera Utara Zonny Waldi mewakili Gubernur Sumatera Utara menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Apel Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Sabtu (10/11/2018). Zoony membacakan sambutan Menteri Sosial, dimana diharapkan para Aparatur Sipil Negara akan tertuju pada keberanian semangat pantang menyerah serta pengorbanan tampa pamrih, seperti para pahlawan yang telah gugur. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak warga Indonesia, termasuk masyarakat Sumatera Utara (Sumut), untuk memaknai peringatan Hari Pahlawan dengan meneguhkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara.

Ajakan ini disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Sumut Zonny Waldi, mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, saat menjadi inspektur upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke -73 tahun di Lapangan Apel Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Sabtu (10/11).

“Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Melalui peringatan ini, mari kita memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, serta meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara,” ucap Zonny Waldi membacakan amanat Mensos RI Agus Gumiwang.

Diharapkannya, agar peringatan hari pahlawan ini memunculkan semangat kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan, tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

“Peringatan hari pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh, setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan, demi mencapai negara kesatuan RI yang sejahtera, adil, dan makmur,” tuturnya.

Selain itu, peringatan hari pahlawan juga harus melahirkan ide dan gagasan untuk melakukan inovasi cerdas dan memperkuat daya saing dalam pergaulan dunia. Saat ini, Indonesia memerlukan pahlawan baru, sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negara.

“Melalui momentum peringatan hari pahlawan, marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. mulai dari hal-hal yang dapat kita lakukan, lingkugan terdekat, yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Amanat Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita disampaikan pada upacara peringatan Hari Pahlawan di seluruh Indonesia. Mengheningkan cipta selama 60 detik juga dilakukan secara serentak untuk meresapi perjuangan para pahlawan. Upacara Bendera Hari Pahlawan dihadiri oleh seluruh pejabat dan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut.**