MEDAN – Di era digital, perlu usaha ekstra untuk wujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter dan berkualitas. SDM yang berkualitas merupakan faktor terpenting untuk pembangunan Sumatera Utara (Sumut). Untuk itu, orang tua dituntut untuk menyesuaikan cara mendidik anak di era digital.

Demikian disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Hj Nurlela SH MAP pada seminar “Kiat Sukses Mendidik Anak Di Era Digital dan Tantangannya” yang diadakan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Sumut di Aula Bina Graha, Medan, Sabtu (15/9). “Hal tersebut disebabkan lantaran kondisi masa digital berbeda dengan kondisi puluhan tahun lalu,” katanya.

Gubernur Sumut menambahkan, teknologi seharusnya memberikan dampak positif bagi anak dan keluarga. Tapi kini teknologi malah membuat gap antara anak dan orang tua. “Tak bisa dipungkiri banyak dampak positif dari teknologi digital ini, meski begitu, orang tua dituntut bijak memberikan pengetahuan tentang penggunaan teknologi bagi anak,” katanya.

Gubernur Sumut mengapresiasi masyarakat yang berperan dalam pembangunan di Sumut, dalam hal ini Badan Kontak Majelis Taklim Sumut. “Terima kasih atas komitmennya secara jejaring kerjasama dengan lembaga terkait dalam mengatasi persoalan keluarga, khususnya anak di Sumatera Utara,” katanya.

Usai membacakan sambutan Gubernur, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Nurlela SH MAP mengajak masyarakat untuk berperan langsung mengatasi masalah yang sering dialami oleh masyarakat. “Saya sering melakukan sosialisasi perlindungan anak dari berbagai macam bahaya. Tapi kita tidak bisa menyelesaikan masalah hanya dengan sosialisasi. Kita sebagai masyarakat juga harus ikut turun langsung menyelsaikan hal tersebut,” ujarnya.

Menurut Nurlela, sinergi antar komponen masyarakat dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sangat penting. “Ayo bangkit, buat program dan bersinergi membangun Sumatera Utara. Ayo kita buat bersama-sama, kita harus melakukannya bersama-sama,” ajaknya kepada ibu-ibu peserta seminar.

Sementara itu, Ketua BKMT Sumut Dra Hj Rosmawati mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang bagaimana mendidik anak di masa sekarang. “Kita ibu-ibu punya tanggungjawab mendidik anak untuk bisa menjadi orang-orang yang berguna bagi umat,” katanya.

Orang tua mesti paham setiap fase perkembangan anak. “Mengetahui fase perkembangan anak bertujuan untuk memberikan stimulus sesuai dengan fase perkembangannya, maka ilmu tentang penggunaan teknologi sangat penting untuk itu, agar anak bisa bijak menggunakan teknologi,” kata Rosmawati.

Seminar tersebut dihadiri peserta dari perwakilan BKMT kabupaten/kota seluruh Sumut, serta organsisasi wanita di daerah ini.**