Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus serta beberapa pejabat Pemprov Sumut foto bersama dengan photo booth 180 derajat di stan Biro Humas pada hari pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jumat (8/3/2019).

MEDAN – Stan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu stan pameran yang ramai dikunjungi masyarakat di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) tahun 2019. Para pengunjung tertarik untuk melihat dan memanfaatkan Photo Booth 180 derajat yang unik dan lagi trend di kalangan anak muda saat ini.

Sejak pembukaan PRSU tanggal 8 Maret 2019, stan Biro Humas yang terletak di Paviliun Pemprov Sumut dikunjungi sedikitnya ratusan masyarakat dari berbagai daerah setiap hari. Bahkan ada juga beberapa tokoh dan pejabat Pemprov Sumut yang berkunjung, diantaranya Kepala Dinas Perkebunan Sumut Herawati, Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi dan Kepada Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus.

“Dari catatan kami, sejak pembukaan hingga Minggu 10 Maret rata-rata ada 100 pengunjung yang memanfaatkan photo booth Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut,” kata Kassubag Hubungan Antar Lembaga Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov, Salman Tanjung, Senin (11/3).

Tidak hanya menyajikan photo booth unik, Biro Humas bekerja sama dengan Balai Bahasa Sumut juga membuat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Para pengunjung dicoba kemampuan Bahasa Indonesia-nya dan bila mendapat nilai yang bagus diberi hadiah menarik. Ini juga menarik perhatian pengunjung, karena tentu akan menambah ilmu pengunjung.

“Selain photo booth kita juga menawarkan Bengkel Jurnalistik untuk videographer, fotografer dan penulis yang dilatih mentor-mentor berpengalaman. Bengkel jurnalistik ini buka setiap hari, tetapi untuk pelatihannya hanya hari Sabtu dan Minggu. Kita juga bekerja sama dengan Balai Bahasa Sumatera Utara untuk Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia,”ujarnya.

BACA JUGA  Wagub Musa Rajekshah Blusukan ke Pasar Nou

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi terkesan dengan photo booth Biro Humas. Menurutnya, ini unik dan tidak kalah dengan photo booth 360 derajat yang harganya tidak murah.

“Ini unik, dengan sedikit kreativitas bisa menyaingi photo booth sekarang ini yang sedang digemari anak-anak muda. Hasilnya juga bagus, tidak kalah dengan teknologi photo booth 360 derajat yang kita tahu itu harganya mahal. Patut, kita apresiasi kreativitas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut ini,” kata Zonny Waldi, usai mencoba photo booth Biro Humas.

Hal yang ditawarkan Biro Humas mendapat apresiasi dari pengunjung PRSU. Menurut mereka apa yang diberikan Biro Humas lain dari yang lain. “Ini lain dari yang lain, kalau stan-stan lainnya menawarkan produk, Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut menawarkan jasa. Saya awalnya tadi sih pengen nyobain photo 180 derajatnya, tetapi setelah melihat yang di tawarkan di sini saya semakin tertarik mencobanya kayak UKBI sama pelatihan jurnalistik. Apalagi ini semua gratis,” kata Agus, warga Medan, usai mengunjungi stan Biro Humas, Minggu malam (10/3).

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus pun merasa senang stannya ramai dikunjungi. Dia berharap semakin banyak masyarakat yang memanfaatkannya. “Kita semua gratiskan yang ada di sini, photo booth 180 derajat, pelatihan jurnalistik video, photo dan tulisan. Jadi, kami tentu berharap pengunjung memanfaatkan ini semaksimal mugkin,” kata Ilyas Sitorus di Paviliun Pemprovsu.

BACA JUGA  Kunjungan Kerja ke Nias Barat, Wagub Sumut : Infrastruktur Jadi Prioritas Utama

“Photo boot 180 derajat ini kita buat karena sedang trend di kalangan anak muda, sehingga menarik perhatian pengunjung. Nyatanya, bukan hanya anak muda yang tertarik, orang tua juga ikut berfoto di sini,” tambahnya.

PRSU sendiri berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 8 Maret hingga 8 April 2019. Selama satu bulan tersebut, seluruh pemerintah daerah dan dinas-dinas Pemprov Sumut memamerkan produk-produk terbaiknya. Untuk lebih memeriahkan dan menarik perhatian masyarakat, panitia juga mengundang artis ibu kota seperti Judika, Virgoun, Kahitna, Armada, Four Twenty, Vicky Sianipar, Type-X, Cita Citata, Marion Jola, Atta Halilintar dan masih banyak lagi termasuk artis lokal. **