MEDAN – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA melepas keberangkatan Kloter pertama jamaah calon haji (Calhaj) Embarkasi Medan Tahun 1439 H/2018 M, Minggu (22/7) di Asrama Haji Medan. Sebanyak 388 Calhaj asal Kabupaten Langkat itu diharapkan dapat menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

“Saya harapkan kepada bapak dan ibu agar benar-benar berusaha untuk melaksanakan ibadah haji nantinya dengan baik dan sempurna semua rukunnya,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo.

Kata Eko, jika selama menunaikan ibadah haji melihat atau mengalami hal-hal di luar dugaan atau perencanaan, diharapkan untuk tetap bersabar dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena semua itu adalah cobaan dan peringatan dari Allah SWT.

Selama di Tanah Suci, para Calhaj juga diingatkan untuk tetap menjaga nama baik nagara Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut), sebab akan berhadapan dengan berbagai macam etnis dan budaya di dunia. ” Tunjukkan bahwa kita bangsa yang berbudaya tinggi, memiliki sifat sosial dan ramah,” ujarnya.

Kepada para petugas kloter, ketua rombongan dan ketua regu, Eko berharap, agar benar-benar mengemban amanah dan kepercayaan yang diberikan. ” Ada nilai plus pada petugas jamaah karena selain bisa menunaikan ibadah haji, juga membantu para calon haji di Tanah Suci,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut H Tengku Darmansah. Dikatakannya, kloter 1 Embarkasi Medan terdiri dari wanita 229, di antaranya terdapat 1 petugas daerah TPHD /TKDH dan 1 orang TKHI , sementara pria 159 yang diantaranya terdapat 2 petugas daerah TPHD/TKDH Medan dan 1 TPHI, 1 TPIHI serta 2 TKHI.

Selain itu, 3 orang calhaj yang gagal yakni Muhammad Sukardi Hombeng bin Hombeng (54) sakit setelah masuk Asrama Haji, Supiarti Susarman bin Sunarto (56) pendamping yang sakit serta Haryono Sujana bin H Safarti (61) mengundurkan diri.

Turut hadir pada acara tersebut Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, Bupati Langkat terpilih Terbit Rencana Perangin-angin, Forkopimda Provsu, anggota DPD RI, tokoh masyarakat, serta sejumlah unsur OPD Kabupaten Langkat.**