Foto bersama Pj Gubsu Eko Subowo dan anggota DPRD Sumut serta staff, usai acara pidato kenegaraan Presiden RI Jokowidodo tentang APBN 2019 di gedung DPRD Sumut, Kamis(16/8/2018)

MEDAN – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA optimis bahwa tahun depan kondisi dalam negeri, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut), tetap stabil secara politik dan juga secara ekonomi.

Hal itu disampaikan Eko Subowo usai mengikuti rapat paripurna mendengar pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tentang APBN TA 2019 dan Nota Keuangan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut, Kamis (16/8). “Kita semua berharap optimis, tahun depan kondisinya tetap stabil secara politis, kemudian juga secara ekonomi, kita semakin maju,” ujarnya.

Dikatakan Eko, sesuai dengan pidato Presiden Jokowi tentang Pengantar APBN 2019, bahwa APBN tahun depan masih berpihak kepada infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, dan menggerakkan ekonomi kecil dengan berbagai insentif.

Anggaran dengan porsi besar juga untuk kesehatan dan pendidikan. “Yang terbesar lagi adalah untuk infrastruktur yang mencapai Rp 400 triliun lebih. Dan ini sangat bagus untuk kemajuan perekonomian kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pidatonya menyampaikan, pertumbuhan ekonomi pada 2019 diperkirakan sebesar 5,3%. Nilai tersebut turun dari target APBN 2018 yang sebesar 5,4%. Meski begitu, angka pertumbuhan ekonomi di 2019 diperkirakan masih bisa terus berkembang mengikuti tren investasi dan konsumsi tahun depan.

Konsumsi masyarakat diharapkan tumbuh di atas 5,0% didukung oleh perbaikan pendapatan dan inflasi yang rendah. Investasi diperkirakan terus meningkat sejalan dengan perbaikan daya saing dan persepsi investor. Untuk inflasi dipatok pada level 3,5% atau tidak berbeda dari asumsi periode sekarang. Nilai tukar rupiah lebih lemah, dengan asumsi Rp 14.400/US$ dan suku bunga SPN 3 bulan dipatok 5,3%.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman SSos serta para anggota DPRD Sumut, unsur Forkopimda, Sekdaprovsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi, para kepala OPD Provsu serta masyarakat dan undangan lainnya.**