Rabu 7 Maret 2018 Plt. Sekda Provsu Ir. Ibnu Sri Hutomo, MM photo bersama dengan Pengurus Gerakan Ekonomi Budaya (GEBU) Minang Sumut dalam rangka Audiensi dan kerjasama dalam hal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat minang di Sumatera Utara. di Ruang Kerja Sekda Provsu.

MEDAN – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Plt. Sekdaprovsu) Ibnu S Hutomo berharap kehadiran Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Sumatera Utara (Sumut) memberi sumbangsih untuk kebangkitan perekonomian masyarakat Minang yang ada di Sumut. Hal itu disampaikan Ibnu S Hutomo saat menerima audiensi Pengurus Gebu Minang Sumut di ruang kerjanya, Rabu (7/3).

Gebu Minang Sumut resmi dilantik oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gebu Minang sekaligus Ketua DPD RI Dr H Oesman Sapta Odang pada bulan November tahun lalu. Kehadiran organisasi ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan kekuatan ekonomi masyarakat Minang dan menjaga kesinambungan budaya Minang di tengah perkembangan dan dinamika masyarakat saat ini.

Sekdaprovsu menyambut baik kehadiran Gebu Minang Sumut. “Kita menyambut baik gerakan seperti Gebu Minang Sumut ini tentunya. Semakin banyak kegiatan produktif di bidang ekonomi oleh masyarakat Minang di Sumut tentu memberi dampak positif pula pada pertumbuhan ekonomi kita. Demikian juga untuk masalah budaya. Meskipun masyarakat Minang di perantauan, budayanya tetap harus dilestarikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Gebu Minang Sumut Drs H Putrama Al-Khairi yang didampingi Ketua Bidang Kesehatan Gebu Minang Muhajar Koto dan beberapa pengusaha Minang menyampaikan keinginan Gebu Minang Sumut untuk membangun sinergi antara Gebu Minang dan Pemprovsu.

“Kami berharap bisa bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), khususnya dalam membantu percepatan pembangunan ekonomi,” ujar Putrama Al-Khairi.

Dengan tagline “Minang Bangkit”, Gebu Minang Sumut telah merencanakan beberapa program untuk meningkatkan peran-peran strategis masyarakat Minang untuk memajukan perekonomian. Program u program tersebut diantaranya mendirikan Minang Mini Mart, melakukan advokasi terhadap pelaku usaha UKM, dan menyediakan jasa konsultasi bisnis, pungkas Putrama Al-Khairi.

Plt. Sekda Provsu Ir. Ibnu Sri Hutomo, MM menerima audiensi Gerakan Ekonomi Budaya (GEBU) Minang Sumut di Ruang Kerja Sekdaprovsu Rabu 7 Maret 2018.