Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Ibnu Sri Hutomo, MM memimpin Rapat Forum Kemitraan dengan Pemangku Utama Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk Semester I. Rabu (09/05/2018) di Gedung Gubernur Provinsi Sumut. Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan KC Medan dr. Ari Dwi Aryani, M.KM dan beberapa OPD terkait antara lain, Dinas Kesehatan Prov. Sumut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Prov Sumut, Dinas Sosial Prov. Sumut, Dinas Ketenagakerjaan Prov. Sumut, Bappeda Sumut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Prov. Sumut.

MEDAN –  Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Plt Sekdaprovsu) Ibnu Sri Hutomo berharap semua dinas dan instansi yang terkait dengan pelayanan kesehatan, dapat bersinergi memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Plt Sekdaprovsu Ibnu Sri Hutomo dalam Forum Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama Provinsi Sumatera Utara, Rabu (9/5) di ruang rapat Sekda Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). “Seluruh dinas dan instansi terkait diharapkan dapat bersinergi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Ibnu.

Dikatakan Ibnu, pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Karena itu,  dinas terkait harus memastikan seluruh lapisan masyarakat di Sumut mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Terutama masyararakat kurang mampu.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan KC Medan dr Ari Dwi Aryani MKM mengatakan, Forum Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama Provinsi Sumatera Utara tersebut diadakan secara rutin setiap satu semester oleh BPJS Kesehatan Cabang Medan. Tujuanya untuk melaporkan kepada pemerintah provinsi perkembangan penyelenggaraan kesehatan nasional. “Serta mencari solusi masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bersama OPD terkait,” katanya.

Dikatakannya, fokus tahun ini adalah upaya mewujudkan target pemerintah pusat bahwa tahun depan  seluruh penduduk Indonesia sudah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan. “Jumlah peserta BPJS kesehatan Sumatera Utara saat ini mencapai 68 persen,” kata Aryani.

Sudah ada 3 kabupaten/kota yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Kabupaten/kota yang tingkat kepesertaannya sudah mencapai 90 persen (UHC) itu adalah Pakpak Bharat, Nias Utara, dan Kota Sibolga. Sedangkan kabupaten/kota yang berkomitmen mencapai UHC adalah Kota Medan, Binjai, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Kabupaten Simalungun dan Nias.

Selain itu, Aryani juga mengharapkan peran Pemda untuk mengambil langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing, untuk menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi peserta JKN – KIS.

Turut hadir dalam forum tersebut dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ahmad Zaki, dan Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara Barita Sihite S Sos.**