MEDAN – Biro Humas dan Keprotokolan Sekertariat Daerah Provinsi Sumatera Utara didatangi sebanyak 30 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Kamis (02/11). Kedatangan para mahasiswa tersebut dalam rangka mengikuti praktik kegiatan kehumasan selama lima hari yang berlangsung selama sepekan ke depan.

Kehadiran para mahasiswa disambut baik oleh Kepala Biro Umum Setda Provsu Ilyas S Sitorus dalam pertemuan yang digelar di Ruang Pers, Kantor Gubsu, Kamis (02/11). Hadir dalam kesempatan itu Dosen humas pemerintah UIN Sumatera Utara Syakira Zandi, Kasubbag hubungan antar lembaga Salman S,Sos, MAP,dan Kasubbag Pemberitaan Harvina Zuhra, STP, M,Si.

Pertemuan tersebut juga diisi dengan pemaparan tentang kegiatan kehumasan yang dilaksanakan Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu. “Biro Humas baru lahir pada tahun 2017, dan ini adalah kunjungan pertama kampus bagi kami,”ujar Ilyas Sitorus.

Sebagai pengantar Ilyas Sitorus menjelaskan sebagai Biro yang baru terbentuk, saat ini pihaknya terus berusaha meningkatkan peran dan fungsi Biro Humas dan Keprotokolan. Dalam kesempatan itu Ilyas memaparkan tentang tugas, pokok dan fungsi Biro Humas serta berbagai program dan kegiatan yang dilakukan.

Selanjutnya Ilyas Sitorus juga menegaskan bahwa Seorang humas harus memiliki berbagai kemampuan yaitu yang utama adalah kemampuan menulis, disamping kreatif dan profesional. Karena seorang humas harus bisa menyampaikan informasi ke masyarakat.

BACA JUGA  Bakal Ada Penghapusan Data Kendaraan Masyarakat Sumut Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

Ilyas Sitorus juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk dapat terus meningkatkan kemampuan diri dan fokus dalam mengejar cita-cita. “Jangan pernah minder, seorang humas harus memiliki kepercayaan diri caranya dengan meningkatkan kemampuan dan kualitas diri untuk menjadi humas yang profesional,”imbuh Ilyas.

Syakira Zandi menyampaikan bahwa para mahasiswa yang hadir ini adalah berasal dari Program Studi Humas Pemerintah dan Humas Bisnis. “Mereka bertekad untuk mempelajari bagaiman penerapan kehumasan di lingkungan Pemprovsu,”ujar Syakira Zandi.

Lebih lanjut dijelaskan kunjungan ini merupakan sebagai pembelajaran langsung berbagai tugas dan kegiatan humas pemerintahan. Dengan kunjungan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan ilmu dan pengalaman di bidang humas. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 6 -10 Nopember 2017, dimana mahasiswa akan dibekali ilmu dan praktik langsung kegiatan kehumasan selama 2 jam perhari.

Selanjutnya para mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dan tugas yang akan mereka ikuti selama 5 hari kedepan yaitu kegiatan kliping manual dan digital, Pengelolaan Website resmi Biro Humas, penanganan media pada konferensi pers , menulis rilis dan berita serta dokumentasi fotografi dan video.