Gubsu Tengku Erry Nuradi foto bersama dengan seluruh Gubernur se-Indonesia pada kegiatan acara rapat koordinasi (rakor) Pengawasan dan Penyelenggaraan Pemerintahan daerah (Rakorwasdanas) 2018 di Bidakara Hotel Jakarta Selatan Senin (7/5/2018). (Foto : Ilyas Sitorus)

JAKARTA – Mentri Dalam Negri (Mendagri) Tjahjo Kumulo mengumpulkan seluruh Gubernur se-Indonesia dalam kegiatan acara rapat koordinasi (rakor) Pengawasan dan Penyelenggaraan Pemerintahan daerah (Rakorwasdanas) 2018 di Bidakara Hotel Jakarta Selatan Senin (7/5/2018).

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang hadir dalam acara tersebut menyatakan, bahwa kegiatan tersebut penguatan untuk memerangi korupsi yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH)

“Penandatanganan dilakukan antara Gubernur se-Indonesia dengan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kepolisian Daerah se-Indonesia,” terang Gubsu Tengku Erry Nuradi.

Dijelaskannya,  perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Mendagri, Jaksa Agung dan Kapolri Nomor 700/8929/SJ, Nomor keputusan 694/A/JA/11/2017, Nomor B/108/XI/2017 Tentang Koordinasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

“Terkait penanganan pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang telah ditandatangani pada tanggal 30 November 2017,”  pungkas Erry.

Erry berkeyakinan bahwa perjanjian kerja sama ini dapat segera diimplementasikan di jajaran pemerintah Sumatera Utara, sehingga target pembangunan di kabupaten kota Sumatera Utara dapat tercapai, begitu juga dengan daerah daerah lain di Indonesia.

Sementara Mendagri Tjahjo Kumulo sendiri dalam arahannya, meminta anggota APIP bersungguh-sungguh dalam pencegahan korupsi. Diantaranya dengan menghadirkan sistem pencegahan korupsi yang efektif di lingkungan pemeritahan daerah.

Rakor ini dihadiri oleh Irwasum Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, Kejaksaan Tinggi Provinsi dan Polda se-Indonesia, serta sejumlah gubernur se-Indonesia.

Sedangkan perwakilan dari Sumatera Utara hadir antara lain Gubsu Tengku Erry Nuradi, Kejatisu Bambang Sugeng Rukmono dan Kapolda yang diwakili Irwasda Kombes Pol Lilik Agra Tjahjana.