MEDAN –  Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu kembali ikut memeriahkan Pawai Pembangunan dan Parade Perjuangan dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Rebupblik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  (Pemprovsu), Jumat (17/8). Kali ini, Biro Humas dan Keprotokolan juga ikut pawai kendaraan hias dengan mengusung tema pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXVII di Sumatera Utara (Sumut).

Mobil hias Biro Humas dengan miniatur masjid, menjadi salah satu mobil hias peserta Pawai Pembangunan yang menarik perhatian warga, yang dilepas Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu)  Drs Eko Subowo MBA dan Walikota Medan Dzulmi Eldin dari Panggung Kehormatan di depan Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. Turut hadir di panggung kehormatan Plt Ketua TP PKK Provsu Iit Kartika Eko Subowo, Sekdaprovsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD Provsu, perwakilan negara sahabat, dan undangan lainnya.

Mobil hias Biro Humas didominasi warga kuning dan hijau, serta warna hitam di bagian atas miniatur masjid, melambangkan kesejukan dan kedamaian yang selama ini dirasakan masyarakat Sumut. Karena,  meski masyarakatnya beragam dan multi etnis, namun daerah ini terbebas dari konflik horizontal.

Gambar logo dan maskot MTQN ke XXVII juga menghiasi bagian atas mobil hias Biro Humas, seolah mengingatkan masyarakat Sumut, bahwa even nasional di daerah ini, yaitu pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional XXVII pada tanggal 4 – 13 Oktober 2018.

Juga tertulis tema MTQN “MTQ Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Yang Qur’ani” dan “Dengan Silaturahmi Umat Islam Kita Gelorakan untuk Sumut yang Bermartabat dan Indonesia Raya” di bagian tengah. Seolah mengajak seluruh komponen masyakat di daerah ini untuk bersama-sama mensukseskan  MTQN yang sangat banyak manfaatnya.

Ada juga lambang Pempovsu dan tulisan “Dirgahayu Indonesia ke 73 Tahun”, yang berarti ajakan Pemprovsu kepada seluruh elemen masyaraat untuk bersama-sama mengisi kemerdekaan dengan cara berpartipasi dalam pembangunan sesuai bidang tugas dan keahlian masing-masing.

Selain pawai mobil hias, Biro Humas bersama wartawan dari berbagai media yang bertugas di lingkungan Pemprovsu, juga ikut dalam pawai jalan kaki. Tampak kompak dan penuh semangat, para wartawan bersana Biro Humas mengikuti pawai hingga finish.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus SE MPd mengatakan, sengaja mengusung tema tentang MTQN XXVII untuk mensosialisasikan even nasional tersebut. “Sekaligus ingin mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk bersama-sama mensukseskan MTQN XXVII dan menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.**