Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs. Eko Subowo, MBA melepas ratusan pawai pembangunan yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), OPD Pemerintah Kota Medan, perwakilan kabupaten/kota di Sumut, pelajar dari berbagai sekolah di Medan, Pramuka, TNI/Polri, dan berbagai kelompok kesenian dan etnis masyarakat di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (17/8/2018). Ini merupakan perwujudan dari kegembiraan seluruh komponen masyarakat, baik dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemko Medan dan berbagai Kabupaten/Kota di Sumut dalam memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Pawai Pembangunan dan Parade Perjuangan turut memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Rebupblik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Jumat (17/8). Pawai yang dimulai dari depan Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan itu diramaikan Ratusan Kendaraan Hias dan Pawai Jalan Kaki.

Pengibaran bendera start oleh Penjabat (Pj) Gubsu Drs Eko Subowo dan Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi unsur Forkopimda dan pimpinan OPD Provsu dari panggung kehormatan, menandai dimulainya pawai pembangunan yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), OPD Pemerintah Kota Medan, perwakilan kabupaten/kota di Sumut, pelajar dari berbagai sekolah di Medan, Pramuka, TNI/Polri, dan berbagai kelompok kesenian dan etnis masyarakat.

Pawai Jalan Kaki dimulai oleh barisan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang membawa 73 bendera sebagai simbol HUT ke-73 Kemerdekaan RI. Paskibra ini merupakan utusan dari berbagai sekolah di Sumut. Disusul barisan berikutnya oleh TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Drumband, serta barisan peserta pawai lainnya.

Ribuan warga dari Kota Medan dan sekitarnya tampak antusias menyaksikan pawai pembangunan di gelar setiap Hari Perayaan Kemerdekaan RI. Bahkan, beberapa jam sebelum pawai dimulai, warga sudah tampak memadati sejumlah ruas jalan yang akan dilalui barisan pawai. Mulai dari Lapangan Beteng, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Cut Nyak Dien dan finis di Jalan A Rivai.

Suasana semakin meriah ketika peserta pawai menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan. Seperti peserta pawai dari Minahasa yang menampilkan tarian perang. Ada juga atraksi Barongsai, Reog Ponoroga, tarian persembahan dan drumband, serta atraksi lainnya.

Sementara itu, pawai kendaraan mobil hias diawali oleh Beckho dari Dinas Bina Marga Sumut, disusul mobil hias dari Dinas Kesehatan Sumut, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, dan kendaraan hias lainnya dari berbagai instasi.

Rangkaian mobil hias dengan beragam bentuk dan hiasan yang menarik, sesuai tema yang diusung instansi masing-masing, sangat menarik perhatian warga. Ada yang dihias dengan berbagai hasil tanaman pangan, miniatur gedung, rumah adat dan MTQ Nasional XXVII seperti yang diusung Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu.

Sementara itu, Pj Gubsu Eko Subowo sangat menyambut baik pawai pembangunan tersebut. Menurutnya hal tersebut merupakan perwujudan dari kegembiraan seluruh komponen masyarakat, baik dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemko Medan dan berbagai Kabupaten/Kota di Sumut dalam memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Tadi kita lihat kendaraan hias, sangat bagus sekali, mencerminkan partisipasi mereka dalam pembangunan selama ini. Ada yang dibidang perkebunan, ketahanan pangan, pekerjaan umum dan sebagainya. Juga mempromosikan budaya tradisional. Ini bagus sekali, karena kelestarian budaya dapat meningkatkan ketahanan budaya kita dari pengaruh negatif budaya asing,” ujar Eko.**