Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Paviliun Pemerintah Kabupaten Nias Barat di Komplek Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa (2/4/2019). Wagub berharap agar gedung ini semoga bukan cuma sebagai fasilitas fisik yang bersifat simbolis semata, tetapi benar-benar difungsikan dan dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana mempromosikan potensi-potensi yang ada di Nias Barat (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Gedung Paviliun Nias Barat, Selasa (2/4), di dalam kawasan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wagub dan didampingi jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Wagub Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck kemudian menyampaikan harapannya untuk gedung paviliun yang baru diresmikan tersebut. “Gedung ini semoga bukan cuma sebagai fasilitas fisik yang bersifat simbolis semata, tetapi benar-benar difungsikan dan dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana mempromosikan potensi-potensi yang ada di Nias Barat,” pesannya, usai acara peresmian.

Melalui informasi yang disuguhkan di paviliun ini, kata Ijeck, tentunya akan membantu masyarakat dan pengunjung PRSU untuk mengenal Nias Barat lebih dekat. Menurutnya, hal ini sedikit banyak bisa meningkatkan minat orang-orang untuk mengunjungi Nias Barat.

“Mudah-mudahan semakin banyak yang berkunjung ke Kepulauan Nias, termasuk Nias Barat, tentu akan memberikan banyak keuntungan. Perekonomian masyarakat setempat bergerak, PAD meningkat, dan ada banyak manfaat lainnya,” ujarnya.

Ijeck kemudian menyampaikan pesan yang bersifat menghibur kepada seluruh warga Nias Barat. “Tadi kata Bapak Bupati, Kabupaten Nias Barat merupakan kabupaten yang paling terakhir miliki paviliun. Tidak apa, saya yakin yang terakhir-terakhir itu biasanya yang terbaik, menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang pada paviliun kabupaten/kota lain yang sudah ada di sini,” ucapnya yang disambut dengan tepuk tangan dari hadirin.

BACA JUGA  Tim Ekspedisi URal Terpesona Keindahan Danau Toba

Selanjutnya, Ijeck pun mengajak pemerintah dan masyarakat Nias Barat untuk turut menyukseskan Sail Nias Tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada bulan Juli hingga September mendatang. Sail Nias, kata Ijeck, merupakan momentum besar yang bisa dimanfaatkan untuk majukan dan bangkitkan Nias.

“Mari kita dukung dan sukseskan bersama Sail Nias ini, akan ada banyak orang yang berkunjung ke Nias nantinya. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus, kita sambut dan terima mereka dengan baik. Sehingga mereka pulang dengan membawa kesan baik tentang Nias,” katanya.

Sementara itu, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, khususnya Wagub Musa Rajekshah yang telah datang dan meresmikan Gedung Paviliun Nias Barat. “Kerinduan kami untuk memiliki paviliun akhirnya terjawab hari ini. Kehadiran Bapak melengkapi kebahagiaan kami. Bagi kami ini adalah bentuk dukungan Pemprov Sumut untuk kami,” ucapnya.

Faduhusi membenarkan bahwa paviliun ini akan dipergunakan secara maksimal untuk promosikan potensi Nias Barat, baik budaya, seni, wisata, dan lainnya. Selain itu, katanya, paviliun juga akan dimanfaatkan sebagai mess yang bisa dipergunakan oleh Pemda Nias Barat saat melaksanakan dinas.

“Dalam kesempatan ini Pak, kami juga ingin mengundang Bapak agar hadir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Nias Barat. Bulan Mei nanti kita resmi satu dekade, mudah-mudahan Bapak Gubernur dan Bapak Wagub bisa hadir,” katanya.

BACA JUGA  Kunjungan Wisatawan India ke Sumut Diharapkan Semakin Meningkat

Acara diawali dengan menampilkan tari-tarian daerah Nias oleh para anggota Sanggar Budaya Nias Barat. Kemudian, dilakukan pula penyematan rompi adat khas Nias kepada Wagub oleh Bupati Nias Barat. Selanjutnya, dilakukan peninjauan fasilitas paviliun yang dimulai dengan pengguntingan pita oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Nias Barat. Acara berakhir dengan aktivitas ramah tamah dan hiburan berupa nyanyian dan tarian khas Nias.

Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut Effendy Pohan, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Fakhili Gulo, Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulo dan anggota, Forkopimda dan OPD Kabupaten Nias Barat, tokoh masyarakat dan tokoh adat Nias Barat, dan masyarakat.**