Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Sabrina memimpin rapat evaluasi persiapan pelaksanaan hari ulang tahun ke 71 Pemprov Sumut tahun 2019 di ruang rapat FL. Tobing lantai 8 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro No 30 Medan, Selasa (2/4). Biro Humas & Keprotokolan Setda Provsu / Fahmi Aulia

MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Sabrina mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta merayakan Hari Jadi ke 71 Provinsi Sumut, yang jatuh pada tanggal 15 April 2019. Perayaan rencananya akan diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik.

“Mari bersama-sama kita merayakanya, ini adalah ulang tahun kita. Nanti juga ada seminar tentang berdirinya Sumatera Utara. Seminar ini bukan untuk mencari tahu, tetapi memberi tahu bahwa bagaimana heroiknya lahirnya Provinsi Sumatera Utara, bagaimana Sumut ini menjadi bagian dari tegaknya NKRI,” ujar Sabrina ketika memimpin rapat evaluasi persiapan pelaksanaan HUT ke-71 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, di ruang rapat FL Tobing lantai 8 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (2/4).

Disampaikan juga, rencananya dalam peringatan hari jadi kali ini mengusung tema “71 Tahun Sumatera Utara, Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Tahun 2019 dan Pembangunan untuk Mewujudkan Masyarakat yang Maju, Aman dan Bermartabat.”

Rencananya, rangkaian acara dimulai dari tanggal 8 April dan ditutup 27 April 2019. Beragam acara pun disiapkan untuk memeriahkan hari jadi, mulai dari Dialog Interaktif, Seminar Tentang Sejarah Terbentuknya Provinsi Sumatera Utara, Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan, Bazar, Karnaval Mobil Hias, Pawai Jalan Kaki dan ditutup dengan Pesta Rakyat, yang rencananya akan mengundang artis ibu kota kelahiran Sumut.

“Tetap akan kita tampilkan penyanyi lokal, karena mereka harus tetap diberi dukungan. Kalau pun nanti ada artis ibu kota pun tidak apa apa, asalkan berdarah Sumut jadi seolah-olah mereka pulang kampung untuk turut merayakan,” terangnya.

Saat membahas kegiatan Karnaval Mobil Hias, Sabrina punya harapan tersendiri kepada panitia pelaksana. “Untuk kegiatan Karnaval Mobil Hias usahakan kalian 100 mobil yang ikut serta, jangan cuma 10 mobil, nanti masyarakat nanya lagi, udah cuma segini saja?” ujar Sabrina mencontohkan.

Terakhir, Sekda pun berharap hajatan ini bisa terasa meriah di masyarakat walau dibuat sederhana. “Dalam suasana kesederhanaan tetapi kami ingin menggelorakan rasa kebersamaan yang lebih erat sesama kita warga Sumut. Apalagi Sumut ini benar benar seperti miniatur Indonesia, berbagai suku bangsa dan etnis ada di sini,” tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Sumut Wan Hidayati, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus dan perwakilan dari dinas-dinas terkait.**